Breaking News:

Terbitkan Tujuh Uang Kertas Baru, Rupiah Lama Masih Berlaku? Berikut Penjelasan Bank Indonesia

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengatakan, secara alamiah uang baru emisi 2022 akan menggantikan uang lama.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
Kompas.com
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengatakan, secara alamiah uang baru emisi 2022 akan menggantikan uang lama. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat mengatakan, secara alamiah uang baru emisi 2022 akan gantikan uang lama.

Meski begitu, uang rupiah tahun emisi lama masih berlaku meskipun saat ini sudah ada tujuh pecahan uang kertas baru tahun emisi 2022.

Ia mengatakan, seluruh uang kertas maupun logam rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh Indonesia.

Dengan catatan selama uang kertas dan logam rupiah tersebut belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

Baca juga: Tak Ada Gambar Jokowi, Uang Kertas Baru Resmi Diluncurkan Bank Indonesia, Duit Lama Masih Berlaku?

"Berlaku, nanti pada waktunya secara natural, secara alamiah, uang yang lama, yang sudah tidak layak edar, akan digantikan dengan uang baru ini," katanya di BI Banten, Jumat (19/8/2022).

Sebelumnya, tujuh pecahan uang kertas rupiah yang baru diluncurkan pada 18 Agustus 2022 lalu baru akan bisa menggantikan seluruh peredaran uang kertas lama pada tahun-tahun mendatang.

Selama itu, maka uang kertas rupiah pecahan lama masih berlaku.

"Sehingga perkiraan sekitat 3 tahun kedepan uang-uang lama itu sudah tergantikan dengan uang yang baru, seiring berjalannya waktu," katanya.

Selain itu, ia mengatakan peluncuran uang Rupiah ini merupakan wujud nyata BI bersama untuk menyediakan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.

"Mari seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga dan paham Rupiah," katanya.

Untuk mendapatkan uang Baru emisi 2022, masyarakat dapat menukarkan uang rupiah baru itu melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.

Baca juga: Uang Rp 62,5 Juta Disita Penyidik, Ayah Brigadir J Minta Dikembalikan, Itu Hak Almarhum

Adapun pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved