Breaking News:

Camat Purwakarta Bantah Warga Kedurung Kota Cilegon Alami Krisis Air Puluhan Tahun

Warga Lingkungan Kedurung, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, selama puluhan tahun mengalami krisis air bersih.

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Abdul Rosid
sopian sauri
Warga lingkungan Kedurung, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, selama puluhan tahun mengalami krisis air bersih. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Warga Lingkungan Kedurung, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, selama puluhan tahun mengalami krisis air bersih.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, warga mengandalkan air hujan atau membeli dari wilayah di kaki bukit di Lingkungan Pecinan, melalui ojek air dengan jarak tempuh sekitar 1 setangah kilometer.

Dengan ongkos angkut hingga sampai ke rumah, mereka harus mengeluarkan biaya mencapai Rp 15 ribu rupiah per dua jerigen.

Baca juga: Lingkungan Kedurung Cilegon Puluhan Tahun Krisis Air, Warga: Air Lebih Berharga Dibandingkan Uang!

Jum'ani selaku Ketua RT 12 Lingkungan Kedurung mengatakan, krisis air bersih yang dialami masyarakat Kedurung sudah cukup lama.

"Krisis air ini sudah lama 20 tahunan lebih lah," kata Jum'ani, kepada TribunBanten.com saat ditemui di rumahnya, Jumat (19/8/2022).

Menanggapi hal itu, Camat Purwakarta, Ikhlasin Nufus membantah bahwa warga Kedurung, Kota Cilegon alami krisis air.

Menurutnya, krisis air di wilayahnya itu tidak ada, hanya sajaterdapat kendala pada peroses keluarnya jaringan air untuk didorong ke atas bukit Lingkungan Kedurung.

"Air sebenernya tercukupi, yang menjadi masalah masyakat bukan krisis airnya, namun ketersediaan air dengan proses melalui transportasi (ojek)," kata Camat Purwakarta, Ikhlasin Nufus kepada awak media usai menghadiri acara bakti sosial di Krakatau Water World, Kota Cilegon, Selasa (23/8/2022).

amat Purwakarta, Ikhlasin Nufus membantah bahwa warga Kedurung, Kota Cilegon alami krisis air.
amat Purwakarta, Ikhlasin Nufus membantah bahwa warga Kedurung, Kota Cilegon alami krisis air. (Sopian Sauri/TribunBanten.com)

Meski terdapat kendala, Ikhlasin mengklaim telah melakukan beberapa upaya agar bisa mengantarkan air ke atas bukit Lingkungan Kedurung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved