Breaking News:

Medsos Ibarat Pisau Bermata Dua, Pengguna Rentan Jadi Korban Kejahatan Siber

Media sosial ibarat pedang bermata dua, di mana tak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, namun juga membuka peluang terhadap beragam persoalan.

Editor: Glery Lazuardi
Sinode GKJ
Ilustrasi hoaks. Media sosial ibarat pedang bermata dua, di mana tak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, namun juga membuka peluang terhadap beragam persoalan. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pengguna media sosial di Indonesia rentan menjadi korban kejahatan siber.

Media sosial ibarat pedang bermata dua, di mana tak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, namun juga membuka peluang terhadap beragam persoalan.

Persoalan itu berupa penyebaran konten negatif melalui media internet, penyebaran hoax, ujaran kebencian, cyberbullying, maupun online radicalism.

Untuk mengedukasi masyarakat, digelar kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca juga: Hoaks dan Konten Negatif di Medsos Marak Jelang 2024, Warga DKI-Banten Diedukasi, Catat Tanggalnya!

Elvita Sari selaku Project Manager mengatakan target peserta yang mengikuti event ini adalah 70 ribu peserta.

"Acara di JIS ini menargetkan 70 ribu orang hadir langsung ke stadion, event menghadirkan sesuatu yang berbeda karena diadakan di stadion olahraga,” kata dia, melalui keterangannya.

Menurut dia, tujuan utama kegiatan ini untuk mendorong masyarakat menggunakan internet dan platform digital secara cerdas, positif, kreatif dan produktif.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif terlebih untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah masyarakat terkena dampak negatif penggunaan internet.

Untuk diketahui, penelitian We Are Social Hootsuite per Februari 2022 di Indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet dan 191,4 juta pengguna media sosial aktif dari 68,9 % populasi masyarakat Indonesia.

Perkembangan pengguna internet diketahui bertambah 1,0 % per tahunnya atau setara dengan 2,1 juta pengguna.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved