Breaking News:

Jokowi Dapat Bocoran soal Kondisi Ekonomi 2023, 60 % Masyarakat Tahu Situasi Akan Sulit dan Gelap

Presiden Joko Widodo mengungkap kondisi ekonomi dunia 2023 akan sulit dibandingkan tahun ini. Berdasarkan hasil survei 60% masyarakat sudah tahu

Editor: Glery Lazuardi
dokumentasi UMN
Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo mengungkap kondisi ekonomi dunia 2023 akan sulit dibandingkan tahun ini. Berdasarkan hasil survei 60% masyarakat sudah tahu 

TRIBUNBANTEN.COM - Presiden Joko Widodo mengungkapkan kondisi ekonomi dunia pada 2023 akan sulit dibandingkan tahun ini.

Seperti dilansir dari Kompas.com, hal itu disampaikan saat Jokowi bertemu dengan para pemimpin dunia, seperti Sekjen PBB Antonio Guterres, para kepala lembaga internasional dan semua kepala negara G7.

"Beliau-beliau menyampaikan, Presiden Jokowi, tahun ini kita akan sangat sulit, terus kemudian tahun depan seperti apa? Tahun depan akan gelap. Ini bukan Indonesia, ini dunia, hati-hati, bukan Indonesia, yang saya bicarakan tadi dunia," ujar Jokowi saat membuka Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Tahun 2022, di Sentul International Convention Center di Bogor, sebagaimana disiarkan YouTube PPAD TNI.

Baca juga: Presiden Joko Widodo & Ibu Negara Iriana Jokowi Sambut Cucu ke 5 dari Kahiyang Ayu Bobby Nasution

Indonesia Network Election Survei (INES) mencoba untuk melakukan survei dengan tema "Mencari Presiden di Tahun 2024 Dalam Kondisi Ekonomi Sulit Tahun Ini, Tahun Depan Gelap".

Hasilnya, 60,8 persen masyarakat sangat tahu dan paham keadaan perekonomian dunia tahun ini dalam keadaan sulit dan tahun depan diprediksi gelap.

Hal ini tercermin dengan meningkatnya harga pangan dan energi.

"Sedangkan 30,8 persen tidak paham dan tidak tahu sama sekali, dan sebanyak 8,4 persen tidak menjawab," kata Permadi.

Survei Indonesia Network Election Survei ini ditujukan terhadap 1928 responden di seluruh Indonesia mewakili pendapat pemilih secara nasional.

Adapun margin of error diperkirakan +/- 2.24 persen pada tingkat kepercayaan 95 % .Survei dilakukan mulai 5-19 Agustus 2022

Dari hasil survei itu, kata dia, didapati 68,8 persen responden optimistis pemerintahan Jokowi -Maruf Amin dapat melewati dampak dari masa masa perekonomian dunia yang sulit dan gelap ditahun depan.

Dan sebanyak 21,9 % tidak yakin pemerintahan Jokowi-Maruf Amin bisa melewati masa perekonomian dunia yang sulit dan gelap ditahun di tahun depan yang berdampak pada perekonomian nasional.

Dan sebanyak 9,3 % responden tidak memberikan jawaban

"Tentu saja penganti Presiden Jokowi di tahun 2024 akan memiliki tugas yang sangat berat didasarkan pada keadaan ekonomi dunia yang sulit dan gelap ditahun 2023," tuturnya.

Dalam survei ini ditanyakan seperti apa kemampuan sosok Presiden penganti Jokowi yang diinginkan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Usai Dikunjungi Jokowi, Nilai Investasi Jepang, Korea Selatan dan China Capai Ratusan Triliun Rupiah

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved