Breaking News:

Festival Tenun Baduy, Merawat dan Mempertahankan Kearifan Lokal di Lebak Banten

Festival tenun Baduy diselenggarakan di Sanggar Guriang Tujuh Indonesia Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, dari 25 hingga 31 Agustus 2022.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Nurandi
Festival Tenun di Sanggar Guriang, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Jumat (26/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Sanggar Guriang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dalam menyelenggarakan Festival Tenun Baduy.

Hal itu dilakukan untuk merawat dan mempertahankan kearifan budaya lokal.

Festival tenun Baduy diselenggarakan di Sanggar Guriang Tujuh Indonesia Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, dari 25-31 Agustus 2022.

Baca juga: Inspirasi Kain Tenun Suku Baduy yang Sesuai Untuk Berbagai Acara

Ketua Sanggar Guring Dede Abdul Majid mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian untuk mempertahankan kebudayaan lokal.

"Ini adalah bagian dari sebuah cara mempertahankan dan melestarikan budaya lokal, serta kearifan lokal agar budaya tersebut jangan sampai hilang terbawa arus zaman," katanya saat ditemui TribunBanten.com, Jumat (26/8/2022).

Dirinya melanjutkan, kegiatan semakin meriah dengan kehadiran penyandang disabilitas dan komunitas Seni Lokal.

"Akan ada banyak rangkaian acara, pembukaan dimulai kemarin, kegiatan ini juga melibatkan penyandang disabilitas, selain itu akan ada juga Fashion Show yang menampilkan desain baju dari tenun Baduy," ujarnya.

Dalam Festival Tenun Baduy, para pengunjung akan melihat telatennya warga Baduy yang hadir memamerkan keahliannya dalam menenun.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan beragam warna kain tenun Baduy, yang ada dalam Festival Tenun Baduy.

Dede Abdul Majid juga optimis, kegiatan ini akan terus digelar setiap tahunnya, agar budaya lokal ini bisa terus dilestarikan.

Baca juga: Kerajinan Lebak: Lilis Bisa Duduk Selama Berjam-jam Bikin Tenun Baduy

"Tentunya saya sangat antusias karena Festival Tenun Baduy bisa digelar dan terselenggara, kegiatan ini juga terwujud atas dukungan dari Kemendikbud dan juga Pemkab Lebak," ucapnya.

Untuk pengunjung yang hendak datang, bisa langsung ke Sangggar Guriang Tujuh Indonesia di Warunggunung, Lebak-Banten.

Pengunjung yang datang juga akan disuguhi dengan penampilan musik, dan tarian dari komunitas seni lokal yang ada di Kabupaten Lebak.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved