Breaking News:

Masyarakat Kini Bisa Dapat Lapor Jika Ada Indikasi Penyalahgunaan Jabatan di OPD Kota Cilegon

masyarakat Cilegon bisa mengadukan persoalan apapun terkait penyalahgunaan wewenang dan Jabatan atau garatifikasi ASN di Kota Cilegon.

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Ahmad Haris
Instagram @tugukotacilegon
Ilustrasi. Tugu Kota Cilegon. Inspektorat Kota Cilegon mangajak masyarakat Cilegon mengadukan persoalan apapun terkait penyalahgunaan wewenang dan Jabatan atau garatifikasi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON -  Inspektorat Kota Cilegon mangajak masyarakat untuk mengadukan persoalan apapun, terkait penyalahgunaan wewenang dan Jabatan atau garatifikasi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon.

Hal itu disampaikan Kepala Inspektorat Cilegon Mahmudin, dalam cara sosialisasi pencegahan gratifikasi dan pengaduan di Aula Inspektorat Kota Cilegon.

"Masyarakat atau LSM boleh mengadukan apapun yang terkait dengan persoalan persoalan pemerintah," Kata Mahmudin, kepad awak media, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Satu Teriakan Emak-emak Bikin Nasib Maling Ponsel di Cilegon Mendekam di Penjara

Namun, lanjutnya, ketika hendak menyampaikan laporan pengaduan, ada beberapa yang harus dilakukan oleh masyarkat.

Pertama, laporan itu tidak harus dilakukan secara langsung, namun masyarakat bisa menyampaikannya secara online, melalui website WBS yang dikelola Dinas Komunikasi Informasi Sandi dan Statistik.

"Nanti itu dikelola oleh Diskominfo Kota Cilegon nanti akan terkonek ke semua OPD termasuk di dalamnya Inspektorat Kota Cilegon," paparnya.

Selain itu, untuk masyarakat yang melakukan laporan pengaduan melalui surat, harus tersampaikan kepada OPD yang bersangkutan, dengan beberapa indikasi.

"Nah kalau misalnya masyarakat atau LSM menemukan indikasi di OPD teknis mau di laporkan ke Inspektorat langsung boleh, akan tetapi bukan berarti harus ketemu secara langsung, namun sampaikan secara surat sebutkan nama pelapornya," jelasnya.

"Kami akan jamin kerahasian pelapor tersebut," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved