Breaking News:

Minim SDM, DLH Kabupaten Serang Hanya Bisa Awasi 250 Perusahaan dari Total 1.200

Pengawasan perusahaan di Kabupaten Serang hingga kini belum optimal, kondisi itu disebabkan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
Kompas.com
Pengawasan perusahaan di Kabupaten Serang hingga kini belum optimal, kondisi itu disebabkan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pengawasan perusahaan di Kabupaten Serang hingga kini belum optimal, kondisi itu disebabkan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Serang, Agus Syafrudin mengatakan dari 1.200 perusahaan di Kabupaten Serang, hanya sekitar 250 perusahaan yang dapat diawasi oleh empat orang pengawas.

Menurutnya, untuk bisa memaksimalkan pengawasan perusahaan di Kabupaten Serang setidaknya membutuhkan sebanyak 10 orang pengawas.

Baca juga: Kabupaten Serang Hasilkan 1.000 Ton Sampah Per Hari, DLH: Tidak Sebanding dengan Armada yang Ada

“Terkendala oleh anggaran yang belum maksimal, untuk usulan ke atasan kita terus lakukan setiap tahunnya," katanya di Dinas LH, Senin (29/8/2022).

Adapun pengawasan yang dilakukan di DLH, dijelaskan Agus, di antaranya, mengawasi pencemarannya, udaranya, lingkungannya dan lainnya.

"Makanya kita ini kekurangan SDM," katanya.

Agus mengatakan, pengawasan terbagi menjadi dua yaitu pengawasan langsung dan tidak langsung.

Seperti laporan periodik yang dilakukan setiap tiga bulan sekali, dan pengawasan langsung ke perusahaan.

“Perusahaan menyampaikan laporannya ke kami dan itu kami tanggapi langsung. Namun, kalau hanya laporan saja biasanya yang bagus-bagus saja," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved