Breaking News:

Alhamdulillah! Gaji di Atas Rp 3,5 Juta Juga Bisa Dapat BSU yang Cair September 2022, Ini Syaratnya

BSU 2022 atau subsidi gaji Rp 600.000 akan disalurkan mulai Jumat, 9 September 2022. Simak syarat penerima subsidi gaji atau BSU 2022.

Editor: Vega Dhini
hai.grid.id
Ilustrasi Uang - Kabar baik untuk pekerja dengan gaji di atas Rp 3,5 juta, bisa dapat subsidi gaji BSU bulan September 2022, simak syaratnya dalam artikel ini. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kabar gembira untuk para pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta, pemerintah rencananya akan menyalurkan subsidi gaji atau BSU (Bantuan Subsidi Upah) di bulan September 2022.

Tak hanya pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta, pekerja dengan gaji di atas Rp 3,5 juta juga bisa dapat BSU.

Lalu, bagaimana syaratnya agar pekerja dengan gaji di atas Rp 3,5 juta bisa mendapatkan BSU?

Grafis Subsidi gaji pekerja
Grafis Subsidi gaji pekerja (GRAFIS TRIBUN PONTIANAK/ANDHIKA PRASETYO)

Baca juga: Cara Dapat BLT BBM 2022, Link untuk Penerima Bantuan Rp 600 Ribu: Buka Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Baca juga: Ditutup Malam Ini Pukul 23.59 WIB, Ayo Daftar Kartu Prakerja Gelombang 44, Klik www.prakerja.go.id

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan pekerja dengan gaji di atas Rp 3,5 juta bisa dapat bantuan subsidi upah ( BSU) 2022 atau  subsidi gaji Rp 600.000 yang cair pekan ini.

Hal itu memungkinkan karena syarat penerima  BSU 2022 atau  subsidi gaji tak hanya pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta, namun juga pekerja yang gajinya sesuai atau di bawah upah minimum provinsi (UMP).

Seperti diketahui, banyak daerah yang UMP-nya lebih dari Rp 3,5 juta.

"Yang punya upah minimum di atas itu berhak. Contoh pekerja DKI yang upah minimumnya Rp 4,7 juta, maka tetap mendapatkan bantuan itu. Karena hitungnya nilai minimum kabupaten kota, senilai upah minimum kab atau kota, mereka tetap berhak mendapat itu," ujar Ida saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Menaker memastikan BSU 2022 atau subsidi gaji Rp 600.000 akan disalurkan pekan ini, tepatnya pada Jumat, 9 September 2022.

Adapun syarat penerima subsidi gaji atau BSU 2022 yakni Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kepemilikan (NIK), peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai Juli 2022, memiliki gaji atau upah paling banyak Rp 3,5 juta atau senilai upah minimum provinsi kab/kota.

Lebih lanjut dia mengatakan, kemungkinan besar penerima BSU tahun sebelumnya juga akan menerima BSU tahun ini selama gajinya belum naik.


"Jadi patokannya bukan terima atau tidak, tapi sudah sesuai kah dengan kriteria atau tidak," jelas dia. 

Ida Fauziyah menambahkan, untuk mempercepat proses penyaluran BSU 2022 pihaknya akan menggandeng Bank Himbara BNI, Mandiri, Bank BRI, BSI, BTN, dan Pos Indonesia selaku penyalur.

"Mudah-mudahan hari Jumat (pekan ini) bisa disalurkan kepada penerima," ujar Ida.

BSU Tahun 2022 merupakan salah satu bantalan sosial yang dikeluarkan pemerintah untuk membantu 16 juta pekerja yang masing-masingnya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600.000 per masing-masing penerima.

(Kompas.com/Elsa Catriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BSU 2022 Cair Pekan Ini, Pekerja dengah Gaji di Atas Rp 3,5 Juta Bisa Dapat Subsidi Gaji"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved