Breaking News:

Dukung UMKM di Lebak Tumbuh dan Berkembang, Dinkes Fasilitasi Sertifikasi SPP-IRT

Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Lebak memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM untuk melakukan Sertifikasi SPP IRT

Penulis: Nurandi | Editor: Abdul Rosid
Nurandi/TribunBanten.com
Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Lebak memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM untuk melakukan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP IRT). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Lebak memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM untuk melakukan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP IRT).

SPP IRT merupakan jaminan dan syarat bagi pelaku UMKM untuk jaminan kelayakan produk, jika nantinya produk itu aman untuk dikonsumsi.

Dalam kegiatan tersebut para pelaku diberikan edukasi agar produk UMKM nya aman dikonsumsi oleh banyak orang.

Baca juga: Bansos Kemensos Cair per September 2022, Ada Uang Tunai Rp 600 Ribu hingga BLT UMKM

Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 peserta, yang semuanya merupakan pelaku UMKM di seluruh Kabupaten Lebak.

Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan demi meningkatkan kualitas produk UMKM.

"Jadi kegiatan ini merupakan syarat bagi pelaku UMKM untuk sertifikasi produknya, maka dari itu kedepanya dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM," katanya saat berada di aula Hotel Bumi Katineung tempat pelatihan, Selasa (6/9/2022).

Dirinya menyebutkan produk UMKM yang disajikan harus bersih dan sehat tentunya sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap produk itu.

"Jadi tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan pelaku UMKM, diharapkan produk - produk UMKM dari Lebak dapat diminati banyak orang," ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Lebak Endang Komarudin mengatakan, setiap pelaku UMKM diharuskan mengikuti SPP IRT.

"Jadi dengan adanya SPP IRT ini produk-produk UMKM dari Kabupaten Lebak semakin berkualitas, jadi jika mendapatkan SPP IRT ini jadi makanan tersebut sudah diawasi secara kesehatan," katanya saat ditemui di kantornya.

Baca juga: Melalui 29 Rumah BUMN, PLN Optimistis Target 1.000 UMKM Go Online hingga Akhir 2022 Tercapai

Dirinya menambahkan dengan adanya SPP IRT tersebut, jadi makanan tersebut sudah diawasi secara kesehatan dan sudah melewati uji laboratorium.

"Untuk pelaku UMKM yang mengajukan SPP IRT produknya akan diuji di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) apakah produk ini mengalami formalin atau bahan-bahan kimia lainnya atau tidak, jika sudah melewati proses tersebut maka produk tersebut aman," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved