Breaking News:

Harga Solar Naik, Jasa Penyeberangan di Pelabuhan Merak Akan Sesuaikan Tarif Angkutan

Jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten akan menyesuaikan tarif angkutan. Upaya itu dilakukan menyusul kenaikan harga solar.

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Glery Lazuardi
sopian sauri
Ilustrasi jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak. Jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten akan menyesuaikan tarif angkutan. Upaya itu dilakukan menyusul kenaikan harga solar. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten akan menyesuaikan tarif angkutan. Upaya itu dilakukan menyusul kenaikan harga solar.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Handjar Dwi Antoro menilai wajar Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Cabang Merak mengeluh kenaikan harga solar.

Sebab, kata dia, kenaikan harga solar itu, akan berpengaruh terhadap biaya operasional kapal penyeberangan.

Baca juga: Solar Mahal, Kapal di Merak-Bakauheni Sulit Beroprasi, Gapasdap Minta Harga Tiket Peyebrangan Naik

"Yang digunakan solar subsidi, artinya wajar kalau kapal mengajukan kenaikan tarif," ujar Handjar, saat ditemui awak media di Kantornya, Selasa (6/9/2022).

Operator kapal sudah mengajukan usulan kenaikan tarif baru dari sebelum kenaikan BBM.

"Sebelum kenaikan BBM pun pihak kapal sudah mengajukan rencana kenaikan akibat perhitungan tarif sekarang sudah ketinggalan," ucapnya.

"Kenaikan tarif, saat ini sudah dibahas oleh Kementerian sebelum BBM naik, ini tentunya dengan kenaikan BBM akan berbeda lagi hitungannya,” sambungnya.

Menurutnya, pembahasan tersebut sedang berlangsung di Kementerian Perhubungan. Saat ini pihaknya sudah mengirimkan data-data pendukung untuk penyeberangan Merak-Bakauheni.

Baca juga: Belum Tepat Sasaran, Pemerintah Kini Batasi Masyarakat yang Boleh Beli Pertalite dan Solar: Diawasi

“Hari ini pun saya sudah di WA untuk mengisi data-data Merak-Bakau yang terkait biaya operasi. Mereka (Kemenhub) minta data jumlah penumpang, data trip pelayaran,” tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved