Breaking News:

Peringatan Gelombang Tinggi BMKG Rabu 7 September, Samudera Hindia Selatan Banten Capai 4 Meter

BMKG memberikan peringatan dini berupa gelombang tinggi pada Rabu (7/9/2022). Peringatan dini berupa gelombang tinggi itu mencakup wilayah perairan

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews.com
Ilustrasi gelombang tinggi. BMKG memberikan peringatan dini berupa gelombang tinggi pada Rabu (7/9/2022). Peringatan dini berupa gelombang tinggi itu mencakup wilayah perairan 

TRIBUNBANTEN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini berupa gelombang tinggi pada Rabu (7/9/2022).

Peringatan dini berupa gelombang tinggi itu mencakup wilayah perairan di Indonesia.

Masyarakat terutama pelayar diminta untuk mewaspadai kemungkinan gelombang yang akan terjadi.

Peringatan ini dikeluarkan dalam 2 tingkatan yakni gelombang tinggi (2,5-4 meter) dan gelombang sedang (1,25-2,5 meter) berlaku mulai Rabu 7 September 2022 pukul 07.00 WIB hingga Kamis 8 September 2022.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Banten 7 September 2022: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Sebagian Besar Wilayah

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot," tulis BMKG, dikutip Rabu.

Kemudian untuk wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, Laut Natuna Utara, Perairan selatan Banten, dan Laut Arafuru bagian timur.

BMKG merekomendasikan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Selain itu juga risiko terkait keselamatan pelayaran untuk perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal ukuran besar, hingga kapal kargo atau kapal pesiar.

Area Perairan Dengan Gelombang Tinggi (2.50 - 4.0 m)

PERAIRAN UTARA SABANG

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved