Breaking News:

Tes Mata Pelajaran dalam SBMPTN 2023 Dihapus, Hanya Ada Tes Skolastik

Tes mata pelajaran untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2023 dihapus

Editor: Glery Lazuardi
ltmpt.ac.id
ILUSTRASI - Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN. Tes mata pelajaran untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2023 dihapus 

TRIBUNBANTEN.COM - Tes mata pelajaran untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2023 dihapus

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim saat jumpa pers Merdeka Belajar episode 2022: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri" secara daring, pada Rabu (7/9/2022).

Menurut dia, penghapusan tes mata pelajaran dalam SBMPTN 2023 itu menjadi kabar gembira bagi calon mahasiswa baru.

Sebagai gantinya hanya ada tes skolastik yang mengukur pada 4 hal. Yakni, kemampuan bernalar peserta, kemampuan potensi kognitif atau logika, penalaran Matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Jalur Mandiri di PTN Dihapus Gegara Kasus Suap Rektor Unila? Begini Kata Nadiem Makarim

Tes skolastik tersebut tidak berhubungan dengan penghafalan materi. Namun, hanya berhubungan dengan kemampuan penalaran dan problem solving.

Terkait tes literasi, sebut dia, dilakukan tidak hanya berfokuas pada kemampuan gramatika, tetapi literasi secara mendalam.

Selain itu, dapat menganalisa terkait apa yang dimaksud di dalam bacaan tersebut.

“Benar-benar literasi mendalam, bukan yang mengetes bahasa secara cetek. Tetapi logika dan pengertian seluruh bacaan,” ungkap Nadiem.

Dengan demikian, skema seleksi ini akan jauh lebih adil dan memberikan kesempatan sukses bagi semua calon mahasiswa yang ikut jalur SBMPTN.

Lanjut Nadiem mengaku, ketika pelaksanaan SBMPTN tidak lagi menggunakan tes mata pelajaran, maka tidak lagi bergantung pada lembaga bimbingan pelajaran (bimbel) untuk persiapan tes SBMPTN.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved