Breaking News:

Kasus Korupsi Kredit Macet, Eks Pimpinan Bank Banten Didakwa Rugikan Negara Rp 186 M

Mantan Vice Precident Bank Banten Satyavadin Djojosubroto didakwa merugikan negara Rp 186 Miliar terkait kasus korupsi kredit macet

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Glery Lazuardi
ahmad tajudin
Mantan Vice Precident Bank Banten Satyavadin Djojosubroto didakwa merugikan negara Rp 186 Miliar terkait kasus korupsi pemberian fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI) oleh Bank Banten kepada PT. HNM Pada 2017. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Mantan Vice Precident Bank Banten Satyavadin Djojosubroto didakwa merugikan negara Rp 186 Miliar terkait kasus korupsi pemberian fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI) oleh Bank Banten kepada PT. HNM Pada 2017.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Serang, Rabu (7/9/2022).

Sidang beragendakan pembacaan dakwaan itu dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Tinggi Banten M. Yusuf dan dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Slamet Widodo.

Dari dua terdakwa yakni Vice President Bank Banten Satyavadin Djojosubroto dan Direktur PT Harum Nusantara Makmur (HNM) Rasyid Samsudin.

Baca juga: Diduga Rugikan Negara Senilai Rp 186 M, Sidang Kasus Kredit Macet Bank Banten Digelar Rabu Besok

Di hadapan Majelis Hakim, terdakwa Satyavadin disebut telah menyalahi prinsip kehati-hatian perbankan dan prinsip perkreditan yang sehat.

JPU mengatakan bahwa Satyavadin selaku Kepala Wilayah Bank Banten - Jakarta 1, Pemimpin Divisi Kredit Komersial Bank Banten, dan Pemimpin Wilayah Bank Banten Jakarta dan Banten.

Pada saat itu, bertindak sebagai Pemrakarsa Kredit dan sebagai Komite Kredit dalam pengusulan fasilitas Kredit kepada PT HMN.

“Terdakwa memerintahkan untuk melakukan konfirmasi tertulis atas proyek PT HNM kepada Bouwheer PT Waskita Karya," ujarnya saat di Persidangan, Rabu (7/9/2022).

Perintah konfirmasi tertulis itu sesuai dengan surat Bank Banten Nomor 002/Krd.Komersial/Srt/FMT/BB/IV/2017 tertanggal 28 April 2017.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved