Breaking News:

Jutaan Pulpen Palsu asal China Buat Indonesia Rugi Miliaran Rupiah, Berikut Ciri-cirinya

Jutaan pulpen palsu asal China beredar di Indonesia. Ini membuat Indonesia rugi mencapai miliaran rupiah.

Editor: Glery Lazuardi
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Petugas Bea Cukai, Bareskrim Mabes Polri dan Hak atas Kekayaan Intelektual melakukan pemusnahan 1,3 juta pulpen palsu asal China di PT Standardpen Industries, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Jutaan pulpen palsu asal China beredar di Indonesia.

Ini membuat Indonesia rugi mencapai miliaran rupiah.

Berikut ini ciri-ciri dari pulpen palsu asal China tersebut

Petugas gabungan dari Bea Cukai, Bareskrim Polri dan Ditjen Hak atas Kekayaan Intelektual Kemenkumham baru saja mengungkap dan memusnahkan 1,3 juta pulpen palsu asal China.

Jutaan pulpen palsu asal China itu diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya dan Tanjung Mas di Semarang.

Baca juga: BERITA Dunia: China Sejutu Bayar Gas Rusia Pakai Mata Uang Rubel dan Yuan, Dolar AS Gelagapan

"Total ada 1,3 juta buah bolpen yang kami musnahkan dengan estimasi kerugian mencapai 2 miliar," kata Proyek Manager PT Standardpen Industries, Marsudi di Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamus (8/9/2022).

Pasalnya, 1,3 juta bolpen ilegal tersebut adalah palsu. Bahkan, tingkat kemiripannya hampir 90 persen menyerupai aslinya.

"Jika dilihat dari kemasan tentu berbeda. Selain itu, tinta yang ada pada produk kami juga tidak terlalu cokelat, ini jelas merugikan baik untuk kami maupun konsumen," pungkas Marsudi.

Di kesempatan yang sama, Ahmad Rifadi selaku Koodinator dan Pencegahan Sengketa pada Dirjen HKI mengatakan, ini merupakan komitmen pencegahan barang ilegal.

Juga bentuk komitmen negara Indonesia dalam melakukan penegakan hukum.

"Ini merupakan atensi-atensi penegakan hukum untuk efek jera bagi pengusaha yang nakal. Kegiatan positif bagi penegakan hukum di Indonesia," ujar Ahmad.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Bikin Indonesia Rugi Miliaran Rupiah, Sebanyak 1,3 Juta Pulpen Palsu asal China Dihancurkan

Making Indonesia Lose Billions of Rupiah, A total of 1.3 million fake pens from China were destroyed

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved