Breaking News:

Tarif Retribusi Sampah di Pasar Rangkasbitung Lebak Naik per 9 September 2022, Berikut Daftarnya

Pemkab Lebak melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak mengubah tarif retribusi pengelolaan sampah di area Pasar Kota Rangkasbitung

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Nurandi
Ilustrasi aktivitas jual beli di Pasar Rangkasbitung. Pemkab Lebak melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak mengubah tarif retribusi pengelolaan sampah di area Pasar Kota Rangkasbitung 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak mengubah tarif retribusi pengelolaan sampah di area Pasar Kota Rangkasbitung dan sekitarnya.

Perubahan tarif tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 36 Tahun 2022 tentang Peninjauan Tarif Retribusi Jasa Usaha.

Adanya penyesuaian tarif tersebut, maka ada perubahan yakni kenaikan tarif untuk jasa pengelolaan dan kebersihan di area Pasar Kota Rangkasbitung.

Baca juga: Tak Cuma Telur, Harga Daging Ayam di Pasar Rangkasbitung Lebak Kini Meningkat

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Lebak, Nana Mulyana mengatakan untuk penyesuaian tarif yang sekarang sudah berlaku sesuai Perbup Nomor 36 Tahun 2022 tentang Peninjauan Tarif Retribusi Jasa Usaha.

Menurut dia, penyesuaian tarif tersebut sudah sesuai dengan aturan dalam Permendagri, dalam mengatur kebersihan di area pasar.

"Perhitungannya sendiri mengacu pada Permendagri Nomor 7 Tahun 2021 tentang Tata Cara Perhitungan Tarif Retribusi dalam Penyelenggaraan Penanganan Sampah," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Jumat (9/9/2022).

Kenaikan tarif kebersihan sampah tersebut meliputi untuk pedagang kaki lima, area Stasiun Rangkasbitung dan Terminal Kalijaga atau Terminal Lama.

Tarif kebersihan untuk setiap tempat harganya berbeda-beda, dan sudah sesuaikan.

Berikut besaran untuk pengelolaan kebersihan di Pasar Kota Rangkasbitung untuk kaki lima yang semula Rp2.000 menjadi Rp3.000 per hari, kemudian kebersihan Los kios yang sebelumnya Rp30.000 per bulan naik menjadi Rp50.000 per bulan.

Kenaikan tarif yang cukup tinggi yakni untuk pelayanan sampah Stasiun Rangaksbitung yang sebelumnya Rp200.000 menjadi Rp350.000 per bulan dan terminal antar kota yang sebelumnya hanya Rp100.000 menjadi Rp350.000 per bulan.

Baca juga: Cegah Kebakaran di Pasar Rangkasbitung, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Sosialisasi Alat

Selain itu ada juga kenaikan tarif kebersihan dan restoran/kafe yang semula Rp60.000 per bulan naik menjadi Rp100.000 per bulan.

Nana menyampaikan kenaikan dan perubahan tarif tersebut, akan diberlakukan pada Jumat (9/9/2022) ini

"Pemberlakuan mulai hari ini, untuk tarif barunya jadi sudah diberlakukan," ucapnya.

 

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved