Breaking News:

Surya Paloh Kritik Wali Kota Cilegon Soal Dukungan Penolakan Pendirian Gereja

Surya Paloh mengkritik Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang mendukung penolakan pendirian Gereja HKBP di Kota Cilegon.

Editor: Abdul Rosid
Kloase/TribunBanten.com
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, mengkritik Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang mendukung penolakan pendirian Gereja HKBP di Kota Cilegon. 

TRIBUNBANTEN.COM - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, mengkritik Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang mendukung penolakan pendirian Gereja HKBP di Kota Cilegon.

Menurut Surya Paloh, pembangunan rumah ibadah merupakan amanat konstitusi UUD 1945.

Jika pembangunan Gereja HKBP di Kota Cilegon ditolak. Maka, hal itu sama saja dengan mematuhi konstruksi yang ada.

Baca juga: Indahnya Toleransi, Gereja Katedral Sumbang Sapi Limosin ke Masjid Istiqlal, Bobotnya Hampir 1 Ton

“Karena itu, tidak semestinya cerita tentang penolakan terhadap rencana didirikannya rumah ibadah, kembali muncul di negeri kita. Negeri ini dibangun di atas perbedaan, termasuk perbedaan agama,” ujar Surya Paloh dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/9/2022).

Ia menilai, penolakan pendirian Gereja HKBP Kota Cilegon mencirikan tidak menerimanya perbedaan di antara umat.

Padahal, perbedaan itu merupakan pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sedari dulu, perbedaan itu yang membuat negara ini kokoh sebagai negara yang memiliki penduduk terbesar keempat sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia,” tambahnya.

Adapun dalam Pasal 28E menyebutkan: Setiap orang berhak memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.

Sedangkan dalam Pasal 29 ayat menyebutkan: Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Baca juga: Anis Baswedan dan Puan Maharani Berpotensi Diduetkan NasDem di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Diketahui rencana pendirikan Gereka HKBP di Kota Cilegon telah mendapatkan izin dari pemerintah desa, demikian juga dari masyarakat setempat.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved