Breaking News:

Update Perang Hari ke-200: Detik-detik Serangan Balik Ukraina Bikin Pasukan Putin Ngacir Kabur

Operasi Militer Khusus Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina genap memasuki hari ke 200, Minggu (11/9/2022). Ukraina mengklaim menang.

Editor: Ahmad Haris
Grafis Tribunnews
Operasi Militer Khusus Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina genap memasuki hari ke 200 per hari ini, Minggu (11/9/2022). Pihak Ukraina dikabarkan berhasil mengembalikan keadaan. 

TRIBUNBANTEN.COM - Operasi Militer Khusus Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina genap memasuki hari ke 200 per hari ini, Minggu (11/9/2022).

Pihak Ukraina dikabarkan berhasil mengembalikan keadaan.

Mengutip Tribunnews, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky pun mengklaim telah memenangkan pertempuran di sekitar Kota Kharkov.

Sebelumnya di hari Sabtu kemarin, Kementerian Pertahanan Rusia mengakui penarikan pasukannya.

Tentara dari berbagai lokasi di seluruh wilayah Kharkov, Ukraina dikerahkan kembali" ke wilayah Republik Rakyat Donetsk.

Terpisah, Zelensky mengungkapkan serangan bertubi-tubi pasukannya yang membuat tentara Rusia kocar-kacir di wilayah Kherson timur.

Ia mengklaim, pihaknya telah menguasai sekitar 2.000 kilometer wilayah Kharkov dan telah mengusir pasukan Vladimir Putin.

Dalam pidato Presiden Ukraina pada Sabtu malam waktu setempat, Zelensky menjelaskan pergerakan tentaranya berlanjut ke arah yang berbeda di depan.

“Pergerakan tentara kami berlanjut ke arah yang berbeda di depan. Sampai saat ini, sebagai bagian dari operasi aktif sejak awal September, sekitar 2.000 kilometer persegi wilayah kami telah dibebaskan,” katanya dalam pidato video pada Sabtu malam.

Sebagai informasi tambahan, Militer Rusia dan pasukan sekutu Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk diperintahkan untuk meninggalkan kota Izum pada hari Sabtu.

Izum yang terletak sekira 120 kilometer tenggara ibukota regional Kharkov sebelumnya direbut oleh Rusia pada April dalam pertempuran sengit.

Berdasarkan laporan Russia Today, penarikan pasukan dilakukan ketika Ukraina melakukan operasi serangan balik besar-besaran.

Penarikan itu dinilai sebagai tindakan yang diperlukan untuk mencegah pasukan Rusia dikepung.

Laporan lain menyebut, pasukan Ukriana juga telah memasuki Kupyansk, pusat logistik Rusia, dan pertempuran pecah di pinggiran Krasny Liman.

Serangan Ukraina skala besar ini sendiri dimulai di Wilayah Kharkov pada hari Kamis setelah upaya Kiev untuk maju di daerah lain gagal.

Pasukan Ukraina menyerang balik dengan menggunakan senjata yang dipasok Barat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Serangan Ukraina Bikin Tentara Putin Kocar-kacir, Zelensky Klaim Bebaskan Kharkov Dari Rusia

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved