Breaking News:

Sosok Laksamana Yudo Margono, Calon Kuat Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa, Punya Brevet Denjaka

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono digadang-gadang akan menjadi panglima TNI berikutnya, usai Jenderal Andika Perkasa pensiun. 

Editor: Ahmad Haris
(Dispenal)
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono. 

TRIBUNBANTEN.COM - Jenderal TNI Andika Perkasa yang segera pensiun sebagai Panglima TNI.

Belakangan, santer digadang-gadang bila Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono akan menjadi panglima TNI berikutnya, setelah Andika Perkasa pensiun. 

Alasan kuatnya mengapa Yudo Margono calon kuat panglima TNI selanjutnya, adalah karena faktor belum pernah ada panglima TNI berasal dari matra laut di era Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Andika Perkasa Kian Mesra dengan Yudo Margono, Sinyal Pergantian Panglima TNI Tak Ada Keributan!

Besarnya peluang Laksamana Yudo Margono menjadi panglima TNI, karena ia dinilai telah menunjukkan kapasitas kepemimpinan.

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, Yudo telah menunjukkan kapasitasnya dalam membangun TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh.

Beberapa di antaranya, pembangunan Satuan Pendidikan (Satdik) I di Belawan, Satdik II di Makassar dan Satdik III di Sorong.

Terobosan kebijakan ini dianggap sebagai sejarah bagi TNI AL yang tak lagi Jawasentris dalam pola pendidikan.

“Dari sisi pembangunan disiplin dan kepatuhan hukum, Yudo Margono sejauh ini juga telah menunjukkan sikap tegasnya terhadap kasus-kasus pelanggaran hukum yang dilakukan oleh oknum-oknum prajurit,” kata Fahmi kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Malang Melintang di Kapal Perang

Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 26 November 1965 ini banyak menghabiskan kariernya di kapal perang selepas lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-33 pada 1988.

Yudo tercatat pernah menjadi Komandan KRI Pandrong-801, Komandan KRI Sutanto-877, dan Komandan KRI Ahmad Yani-351.

Selepas dari kapal perang, karier Yudo kian meroket dengan mengemban posisi Komandan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual pada 2004-2008 dan Komandan Lanal Sorong pada 2008-2010.

Lalu, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan pada 2015-2016, Kepala Staf Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Barat (Koarmabar) pada 2026-2017, dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) pada 2017-2018.

Setelah itu, Yudo terus menduduki jabatan strategis di lingkungan TNI AL.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved