Breaking News:

Sukses Kembangkan Varietas Kedelai Migo di Serang, Prof Ali Zum Mashar: Untuk Kesejahtraan Petani

Ali Zum Mashar seorang ahli pertanian sukses kembangkan varietas kedelai mikroba google (Migo-2) di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Serang.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
Desi Purnamasari/TribunBanten.com
Profesor Ali Zum Mashar seorang ahli pertanian sukses kembangkan varietas kedelai mikroba google (Migo-2) di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Profesor Ali Zum Mashar seorang ahli pertanian sukses kembangkan varietas kedelai mikroba google (Migo-2) di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Ali Zum Mashar mengatakan, varietas kedelai mikroba google tidak kalah dengan kedelai impor.

Hal itu lantaran kedelai mikroba google kwalitasnya yang cukup bagus dan mengahsilkan biji kedelai yang besar.

"Hasil panen dari varietas kedelai Migo ini dapat mencapai 4.5 ton kedelai perhektar, ini jauh dibandingkan varietas pada umumnya yang hanya mampu 2.5 ton perhektar," katanya saat di lokasi, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Panen 4,5 Ton/Hektare, Kedelai Migo Sukses di Kabupaten Serang, Bakal Diluncurkan Presiden Jokowi

Ia mengatakan, pengembangan ini menjadi kemajuan yang luar biasa yang menjadi harapan untuk kesejahtraan petani dan akan dikembangkan secara masif.

"Nanti berikutnya roda ini akan dikembangkan oleh para stakolder khusunya pemerintah daerah bersama pusat dan Provinsi Banten,"katanya.

Beberapa variatas yang ditemukan disini akan kembangkan kembali, karena disinilah 15 tahun yang lalu teknologi kedelai mulai dilakukan.

"Nantinya Serang yang dapat menjadi percontohan untuk yang lainnya," katanya.

Menurutnya, kedelai bukan anak tiri tapi merupakan komoditas pangan, terutama seperti tempe tahu dan serang adalah kabupaten yang memiliki potensi pertanian itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved