Breaking News:

Tradisi Yaqowiyu di Klaten, Festival Penyebaran Ribuan Kue Apem untuk Mengenang Ki Ageng Gribig

Tradisi Yaqowiyu atau tradisi sebaran kue apem Yaquwiyu digelar di Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Sebanyak enam ton kue apem disebarkan

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Tradisi Yaqowiyu di Klaten Jawa Tengah 

TRIBUNBANTEN.COM - Tradisi Yaqowiyu atau tradisi sebaran kue apem Yaquwiyu digelar di Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

Sebanyak enam ton kue apem disebarkan di puncak acara.

Tradisi Yaqowiyu dilakukan setiap bulan Sapar dalam penanggalan Jawa. Kemudian masyarakat percaya bahwa kue apem Yaqowiyu dapat membawa kesejahteraan bagi mereka yang mendapatkannya.

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini kemudian menjadi festival unggulan di Klaten.

Bahkan, masyarakat di daerah sekitarnya seperti Boyolali, Solo, Sragen, hingga Yogyakarta datang ke Klaten untuk ikut festival atau tradisi Yaqowiyu.

Baca juga: Warga Antusias Ikuti Tradisi Ngagurah Dano di Desa Cikolelet Kabupaten Serang

Tradisi andum apem sudah dimulai sejak 403 tahun lalu, namun untuk kegiatan kirab baru dilangsungkan sejak tahun 1985 seiring dengan bertambahnya jumlah peziarah di makam Kyahi Ageng Gribig.

Puncak acara dari budaya andum apem ini yakni dengan membagikan 4-5 ton kue apem kepada seluruh masyarakat sebagai simbol kebajikan dalam memberikan sedekah kepada sesama.

Sebagai cerminan kearifan lokal, gelaran budaya yang dilangsungkan juga mampu memicu kembali pulihnya perekonomian masyarakat.

Salah satu gelaran budaya tersebut yakni Kirab Budaya Gunung Apem yang diselenggarakan di Jatinom, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Menurut penuturan salah seorang sesepuh kegiatan yakni Kanjeng Raden Tumenggung Muhammad Darianto Rekso Hastonodipuro, kirab tersebut dimaksudkan untuk menjadi media dalam merayakan dan mengenang tradisi yang diajarkan oleh Kyahi Ageng Gribig yaitu dakwah melalui budaya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved