Breaking News:

BPJS Kesehatan Terapkan Uji Coba Skema Pemabayaran BKS KIA di 40 FKTP Kabupaten dan Kota Serang

BPJS Kesehatan akan menerapkan uji coba pembayaran skema BKS KIA di 40 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), di Kabupaten Serang dan Kota Serang

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
Desi Purnamasari/TribunBanten.com
BPJS Kesehatan akan menerapkan uji coba pembayaran skema BKS KIA di 40 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), di Kabupaten Serang dan Kota Serang 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Badan Penyelenggaraan Jaminan sosial (BPJS) Kesehatan lakukan uji coba sistem pembayaran dengan skema belanja kesehatan strategis kesehatan ibu dan anak (BKS KIA).

Uji coba pembayaran skema BKS KIA dilakukan di 40 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), di Kabupaten Serang dan Kota Serang oleh BPJS Kesehatan.

Dari jumlah FKTP yang dilakukan uji coba pembayaran skema BKS KIA diantaranya, empat Puskesmas dan 11 klinik swasta Kabupaten Serang.

Baca juga: 247 Juta Data NIK Peserta BPJS Kesehatan Bocor, Ahli Digital Forensik: Ini Paling Terbesar

Serta delapan Puskesmas dan 17 klinik swasta di wilayah Kota Serang.

Uji coba ini dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan efisiensi pembiayaan kesehatan ibu dan anak dengan tetap memperhatikan mutu layanan, sarana dan prasarana.

Direktur Perencanaan Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mahlil Ruby mengatakan, pelaksanaan uji coba skema BKS KIA dimulai sejak September 2022 sampai dengan Agustus 2023 mendatang.

Selain itu. Kata Mahlil, skema baru ini telah dirumuskan sejak tahun 2019 sebagai langkah meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan ibu dan anak.

"Uji coba ini melibatkan dukungan dari pemerintah Provinsi Banten, Kabupaten/Kota Serang, FKTP mitra BPJS kesehatan, USAID dan world bank," ujarnya dalam konferensi pers di Le Dian hotel Kota Serang, Senin (19/9/2022).

Mahlil Ruby mengatakan kondisi saat ini 67 persen pemeriksaan kehamilan atau antenatal care (ANC) dilakukan di rumah sakit.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved