Breaking News:

Polri Gelar Sidang KKEP Banding, Ferdy Sambo Dipastikan Tidak Hadir

Polri tidak akan menghadirkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Ferdy Sambo dalam sidang KKEP Banding

Editor: Glery Lazuardi
Tribunjakarta.com
Ferdy Sambo. Polri tidak akan menghadirkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Ferdy Sambo dalam sidang KKEP Banding 

TRIBUNBANTEN.COM - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tidak akan menghadirkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Ferdy Sambo dalam sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding.

Adapun Ferdy Sambo mengajukan banding atas putusan sidang KKEP yang memecat dirinya. Sidang banding akan digelar hari ini.

"Waktu pelaksanaan sidang banding FS dilaksanakan hari ini Senin, 19 September 2022 pukul 10.00 WIB," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Frustasi Lihat Polri Tangani Kasus Ferdy Sambo, Keluarga Brigadir J Pasrah, Kamaruddin: Siap Kecewa

Dedi mengatakan mekanisme sidang banding tidak akan dihadiri terduga pelanggar yakni Ferdy Sambo atau pendampingnya.

Menurut Dedi, sidang nantinya hanya dihadiri perangkat Komisi Banding dan Sekretariat Biro Pengawasan dan Pembinaan Profesi (Rowabprof) Divisi Propam Polri. Ia menjelaskan mekanisme tersebut sudah sesuai Pasal 79 Peraturan Kepolisian (Perpol) 7 tahun 2022 yang menyatakan Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding memeriksa dan meneliti berkas banding.

Berkas banding itu meliputi pemeriksaan pendahuluan, persangkaan dan penuntutan, nota pembelaan, putusan sidang KKEP, dan memori Banding.

Baca juga: Polri Lamban Usut Kasus Ferdy Sambo, Ayah Brigadir J Pasrah, Kamaruddin Merasa Gagal: Minta Maaf!

"Berkas untuk banding sudah diterima dan dipelajari perangkat komisi banding, sehingga saat sidang banding menyampaikan pertimbangan masing-masing, penyiapan amar putusan, dan pembacaan putusan," ucap Dedi.

Menurut Dedi, sidang akan digelar di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta, hari ini. Sidang banding juga akan dipimpin jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Ia juga menambahkan, wakil ketua dan anggota sidang banding ada 4 pejabat Polri bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

"Pimpinan bintang tiga dan tempat kalau enggak salah di TNCC," ujar Dedi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved