Breaking News:

Tiga Kampung Huni Cagar Alam Rawa Danau Kabupaten Serang, Wabup: Jadi Dilematis

Tiga kampung berada di sekitaran Rawa Danau, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa dilematis dalam mengambil langkah relokasi

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
Dispar Provinsi Banten
Tiga kampung berada di sekitaran Rawa Danau, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa dilematis dalam mengambil langkah relokasi 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Perambahan di Rawa Danau membuat Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa dilematis dalam mengambil langkah.

Hal itu lantaran, di sekitaran cagar alam Rawa Danau saat ini dihuni oleh tiga kampung.

Ketiga kampung yang berada di sekitaran Rawa Danau di antaranya Kampung Kalomeran, Cisalak dan Kampung Baru Desa Cikedung, Kecamatan Mancak.

Baca juga: Marak Perambahan Rawa Danau, Dirut Rekonvasi Bhumi Minta Segera Dicarikan Solusi

Penduduk di tiga kampung tersebut mencapai 100 kepala keluarga (KK).

“Itu berada di Kawasan Rawa Danau, tapi mereka punya hak milik tanah, akhirnya mereka memanfaatkan kesuburan Rawa Danau untuk budidaya,” kata Pandji Tirtayasa usai mengikuti kunjungan Komite III DPD RI di Pendopo Bupati Serang, Senin (19/9/2022).

Dengan adanya pemukiman tersebut, pihaknya harus melengkapi sarana prasarana di kawasan tersebut. Seperti akses jalan, fasilitas kesehatan, hingga pendidikan.

“Jadi dilematis kita, disatu sisi itu kawasan cagar budaya, di sisi lain di situ ada manusia yang menjadi tanggungjawab kami,” ucapnya.

Pandji mengaku sudah pernah merelokasi beberapa warga di tiga kampung tersebut. Namun, mereka kembali lagi dengan alasan kepemilikan tanah.

Menurutnya, dari pemerintah pusat membeli tanah mereka supaya tidak punya hak milik lagi di kawasan tersebut.

"Untuk regulasinya pun sudah cukup karena rawa danau bukan punya kabupaten, tapi tanggung jawabnya ada di pusat yakni BKSDA, kita hanya memanfaatkan dari rawa danau itu,”jelasnya.

Selain itu, menurut Pandji, Rawa Danau mempunyai fungsi yang sangat strategis.

Baca juga: Korban Banjir 1.500 Keluarga di 10 Kecamatan, Bupati Serang Minta Revitalisasi Rawa Danau Dipercepat

Hal tersebut karena sumber air bersih untuk kawasan industri Cilegon termasuk juga sebagian dari Kabupaten Serang bersumber dari Rawa Danau.

“Oleh karena kewajiban untuk menjaga dan memelihara ekosistem di sana, agar suplai dan kesinambungan suplai air untuk hidup masyarakat kita baik," katanya.

Selain itu, pertumbuhan industri maupun untuk hidup masyarakat domestik tetap terjaga sampai puluhan tahun dan ratusan tahun ke depan.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved