Breaking News:

Berhasil Naikkan Surplus PAD, Airin Beberkan Kunci Sukses Realisasi Investasi di Tangsel

Airin Rachmi Diany membagikan pengalaman dalam proses menaikan surplus realisasi investasi di Kota Tangerang Selatan untuk lampaui target.

Tangkapan layar kanal YouTube G24 Channel
Airin Rachmi Diany berbagai cerita bagaimana pengalaman dan proses dalam menaikan realisasi investasi di Kota Tangerang Selatan. 

TRIBUNBANTEN.COM – Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menceritakan pengalamannya memajukan realisasi investasi di wilayah Tangsel untuk bisa menaikan surplus pendapatan dari target yang sudah ditetapkan.

Dalam ceritanya tersebut, Airin mengatakan, Tangsel diberikan anggaran untuk pembangunan kota Rp 125 miliar dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp 1,2 triliun.

“Dari anggaran tersebut, rupanya Tangsel berhasil memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai sekitar Rp 2 triliun selama pandemi kemarin,” ungkap Airin yang dikutip dalam acara “Airin-Butuh Kepastian” yang ditayangkan di kanal YouTube G24 Channel, Selasa (20/9/2022).

Dengan anggaran tersebut, Airin berupaya memutar otak, bagaimana cara menarik para investor besar untuk mau berinvestasi di Tangsel.

Salah satu kuncinya, sebut dia, adalah dengan memberikan kepercayaan dan kepastian kepada investor serta seluruh stakeholder yang terlibat.

“Ketika melakukan investasi dan perizinan, investor butuh yang namanya tiga kepastian. Pertama, memberikan kepastian secara hukum, regulasi, hingga ketentuan. Kedua, memberikan kepastian secara biaya, dan ketiga, memberikan kepastian secara waktu,” jelasnya.

Tak hanya itu, Airin menjelaskan, Kota Tangsel terkenal dengan para investor dari toko-toko besar. Beberapa investor sempat menghubungi dan menanyakan perihal surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum diproses.

Setelah ditelusuri, rupanya berkas-berkas dari investor tersebut belum masuk ke dalam alur proses yang dimiliki oleh Tangsel.

Ia bercerita, pada tahun pertama ketika dirinya menjabat sebagai Walkot Tangsel, ada sejumlah berkas investor yang masih perlu melalui proses penandatanganan atau izin secara langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.

Namun, pada tahun kedua, proses tersebut telah dibagikan secara langsung dan merata ke dinas terkait.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved