Breaking News:

Asal-usul Rebo Wekasan: Tradisi Mandi Dudus dan Salat Tolak Bala, Diyakini Sejak Zaman Sahabat Rasul

Warga RT/RW 002/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten masih menjalankan tradisi Rebo Wekasan

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
mildaniati
Warga di RT/RW 02/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten melakukan tradisi memperingati Rebo Wekasan. Warga RT/RW 002/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten masih menjalankan tradisi Rebo Wekasan 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - Warga RT/RW 002/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten masih menjalankan tradisi Rebo Wekasan dan mandi Dudus.

Selama tiga tahun terakhir sejak 2020, telah dilakukan tradisi Rebo Wekasan. Rebo Wekasan dimulai Salat tolak bala, kemudian dilanjutkan mandi Dudus serta berbarengan dengan Riungan.

Pada 2020, lokasi mandi Dudus dilaksanakan di halaman rumah warga tepatnya di depan Musala tempat salat perempuan, atau sebelah kanan Musala.

Jumlah drigen yang disediakan sebanyak dua drigen berisi air dudus, dan orang yang memandikan hanya satu orang.

Sementara pada tahun 2021 dan 2022, tempat mandi Dudus berubah lokasi, yaitu di jajaran musala, atau samping musala yang terhalang satu rumah.

Baca juga: Mengenal Rebo Wekasan: Rabu Terakhir di Bulan Safar, Tradisi dan Asal Usul dalam Masyarakat Banten

Pada tahun 2021, jumlah drigen air Dudus yang disediakan sebanyak 3 buah, dengan tiga orang ibu-ibu yang bertugas memandikan air dudus, serta satu kursi ruang tamu untuk duduk.

Tahun 2022, jumlah drigen air Dudus tidak sebanyak dari tahun 2021, tahun ini hanya berjumlah dua buah.

Namun, disekitar lokasi pemandian air Dudus, dilengkapi meja dari bambu untuk menyimpan air Dudus.

Air Dudus itu dimasukan ke dalam tempat-tempat lebih kecil seperti teko, gelas, baskom, rantang, tempat minum plastik dan sebagainya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved