Breaking News:

Melihat Tradisi Rebo Wekasan di Kampung Karundang Serang, Warga Mandi Kembang dan Salat Tolak Bala

Warga di Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten melakukan tradisi memperingati Rebo Wekasan

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
mildaniati
Warga di RT/RW 02/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten melakukan tradisi memperingati Rebo Wekasan. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - Warga di RT/RW 02/02 Kampung Karundang Tengah, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten melakukan tradisi memperingati Rebo Wekasan.

Rebo Wekasan merupakan tradisi yang dilakukan pada hari Rabu pada akhir bulan Safar.

Pada umumnya, warga melaksanakan salat tolak bala.

Mereka meyakini pada Rabu akhir bulan Safar Allah SWT menurunkan berbagai macam musibah.

Untuk itu, agar terhindar dari marabahaya, mereka melaksanakan mandi dengan niat tolak bala dan shalat tolak bala sebanyak 4 rakaat.

Baca juga: Arti Kata Rebo Wekasan, Tradisi Berdoa dan Memohon Agar Terhindar dari Mara Bahaya

Berdasarkan pemantauan TribunBanten.com, ratusan warga dari berbagai usia berkumpul di depan dua buah tong biru berisi air yang sudah diberi kertas bertuliskan rajah (doa), dan bunga tujuh rupa.

Aneka macam bunga dari mulai bunga kamboja, bunga sepatu, irisan pandan, bunga kertas dan jenis bunga lainnya sudah ditaburi di atas air tong dan beberapa air didalam ember.

Tiga orang bernama Masitoh, Eni dan Umi bertugas memandikan warga, menyiram setiap kendaraan yang melintas di sekitar jalan perkampungan serta menuangkan air kedalam wadah yang dibawa oleh warga.

Air berisi rajah dan kembang tujuh rupa itu digunakan untuk memandikan warga setempat, tradisi itu dikenal sejak zaman dahulu di masyarakat dengan sebutan tradisi dudus.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved