Breaking News:

Pendataannya akan Dimulai Bulan Depan di Kabupaten Lebak, Apa Itu Regsosek?

BPS Provinsi Banten akan melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) pada bulan Oktober-November 2022.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Nurandi
Rapat koordinasi daerah Kabupaten Lebak untuk pelaksanaan Regsosek 2022 di Horison Rahaya Risort, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten akan melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), pada bulan Oktober-November 2022.

Dalam mensukseskan Regsosek 2022, BPS Lebak telah menyiapkan 2.244 orang yang akan bertugas di lapangan.

Regosek sendiri merupakan salah satu bagian dari Pemerintah Pusat, dalam upaya membangun data tunggal setiap warga negara di seluruh Indonesia.

Baca juga: Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 Segera Dimulai, BPS Jamin Kerahasiaan Data Masyarakat

Pendataan Regsosek di Lebak akan dimulai 15 Oktober-14 November 2022

Perwakilan Kepala BPS Banten Awang Pramila mengatakan, pelaksanaan Regsosek ini untuk membuat pendataan yang akurat serta data tunggal.

"Nantinya hasil Regsosek ini, yang mana data yang sudah dihasilkan dapat digunakan secara bersama baik dari pemerintah pusat dan daerah," katanya saat ditemui TribunBanten.com usai Rapat Koordinasi Regsosek, Kamis (22/9/2022).

Dirinya menyebutkan, ke depannya hasil dari Regsosek ini dapat bermanfaat, dan bisa membantu program pemerintah.

"Yang mana nanti hasilnya data ini, bisa membantu dalam penyaluran bantuan dari pemerintah, karena Regsosek ini bagian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Lebak Virgojanti mengatakan, adanya Regsosek merupakan reformasi sistem dan satu data, yang akan dilakukan di Kabupaten Lebak.

"Sehingga adanya satu data, dalat memaksimalkan langkah pemerintah bisa memberikan bantuan tidak tumpang tindih ya," katanya usai acara Rapat Koordinasi.

Dirinya menyampaikan, dengan adanya Regsosek ini, akan tergambarkan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan geografis, yang bisa dilihat dalam pendataan ini.

Baca juga: Data Registrasi Kondisi Sosial dan Ekonomi di Kota Serang 2022, BPS Beri Tenggat Waktu 1 Bulan

"Regosek ini penting dilakukan, karena saat masih sangat terbatas sekali data kependudukan, karena belum ada yang terdata," ujarnya.

Menurut Virgo kelancaran Regsosek juga harus mendapatkan dukungan dari semua masyarakat, agar data yang di hasilkan akurat.

"Jadi untuk mensukseskan program ini, tidak terlepas dari peran kita semua ya, mari dukung dalam kelancaran petugas di lapangan," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved