Breaking News:

Pengusaha Angkutan Gelar Unras di depan Kantor BPTD Banten: BBM Naik, Kenapa Tarif Tidak?

Gapasdap lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni Gelar Aksi Damai di Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Glery Lazuardi
sopian sauri
Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni Gelar Aksi Damai di Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, tepatnya di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Rabu (22/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni Gelar Aksi Damai di Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, tepatnya di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Rabu (22/9/2022).

Aksi unjuk rasa tersebut menuntut agar tarif harga penyebrangan kapal segera dinaikan dan diberlakukan.

Salah satu peserta aksi, dalam orasinya mengatakan, Gapasdap Merak melakukan aksi ini untuk menunggu dan menuntut hak sebagai pengusaha pelayanan penyebrangan di Merak Bakauheni.

Baca juga: BBM Pertalite untuk Mobil Pribadi Dibatasi, Ini Skema Pembelian dan Penjatahan Selama Sehari

Di mana, pada 13 September 2022 sudah diumumkan kenaikan BBM secara perundang-undangan. Menurutnya, jika BBM naik mak secara oromatis tarif penyebrangan pun harus naik.

Karena, BBM salah satu komponen terbesar biaya dalam industri penyebrangan.

“Sampai saat ini sudah 20 hari lebih tidak pernah ada kenaikan artinya tarif adalah hak kita, Kita disini hanya ada satu tujuan hak terhadap kenaikan tarif, kami harap BPTD dapat mendengarkan aspirasi kami," ujarnya.

Ia menuturkan, pada tanggal 15 September 2022 kemarin sudah dikeluarkan SK Mentri Perhubungan adanya kenaikan tarif yang disepakati Tanggal 19 September 2022 tarif baru diberlakukan.

"Akan tetapi SK itu sampai hari ini tidak pernah dilaksanakan, sementara beban biaya yang ditanggung dalam mengoprasilan kapal sudah melambung tinggi karena BBM naik, seperpat naik, dan kebutuhan lainnya pun naik," tuturnya.

Menurutnya, Industri penyebrangan merupakan salah satu cara untuk mempersatukan Indonesia. Adapun Kewajiban Pemerintah, kata dia, bagaimana Indutri penyebrangan ini tetap hidup.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved