Breaking News:

Rumah dan Jembatan Rusak Pasca-Banjir & Longsor Melanda Kabupaten Lebak

Hujan deras yang terjadi pada Jumat (23/9/2022) sore di 5 kecamatan di Kabupaten Lebak, mengakibatkan rumah warga terdampak longsor dan banjir.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/BPBD Lebak
Bencana tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cilograng, Sabtu (10/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Hujan deras yang terjadi pada Jumat (23/9/2022) sore di 5 kecamatan di Kabupaten Lebak, mengakibatkan rumah warga terdampak longsor dan banjir.

Saat ini, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, tercatat total ada 2 rumah di Kampung Cikamunding II, Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, nyaris ambruk karena longsor pada tebing.

Longsor juga menyebabkan 10 rumah mengalami kerusakan, yakni 2 rumah di Kampung Warunglame, dan 8 rumah di Kampung Tenjolaya, Desa Bayah Timur.

Kepala Desa Bayah Timur Rafi Rahmat Taufik mengatakan, saat ini material longsor sudah di bersihkan oleh warga.

"Namun di Kampung Warunglame rumah tersebut terbawa longsor, dan di Kampung Tenjolaya terancam ambruk ada 8 rumah," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Sabtu (24/9/2022).

Dirinya menyebutkan, bukan hanya rumah yang terdampak, tetapi infrastruktur umum seperti jalan dan jembatan juga ikut terdampak.

"Sawah 1 hektar terendam dan Jembatan nyaris putus di Cimadur," ujarnya.

Sementara, untuk di Kecamatan Curugbitung dan menyebabkan pohon tumbang karena angin puting beliung.

Untuk di Kecamatan Pagarangan dan Malingping, belasan rumah dan toko milik warga di daerah tersebut ikut terendam karena luapan sungai Cimadur. 

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, saat ini kondisi air sudah surut.

"Jadi hujan sudah reda dan air sungai sudah tidak meluap, warga juga tadi pagi sudah membersihkan rumahnya masing-masing, baik di Kecamatan Bayah dan Pangarangan," katanya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Dirinya menyampaikan, terkait dengan kondisi jalan dan jembatan yang terimbas longsor, serta banjir saat ini sudah dibersihkan.

"Untuk Jalan Bayah-Cikotok sudah dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, karena alat sudah diturunkan kemarin sore," ujarnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved