Breaking News:

Bawaslu Kota & Kabupaten Tangerang akan Buka Pendaftaran Ratusan Petugas Pengawas Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang bakal menjaring ratusan petugas penyelenggara adhoc untuk pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Editor: Ahmad Haris
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang bakal menjaring ratusan petugas penyelenggara adhoc untuk pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat.

Guna mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Tangerang bakal menjaring ratusan petugas penyelenggara adhoc untuk pengawasan Pemilu 2024.

Petugas pegawas pemilu adhoc yang dibutuhkan, yakni pengawas kecamatan (panwascam).

Baca juga: Pendaftar Panwascam Perempuan di Lebak Masih Belum Memenuhi Kuota 30 Persen

Lalu pengawas kelurahan dan desa (PKD), serta pengawas tempat pemungutan suara (PTPS).

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim mengatakan, Bawaslu Kota Tangerang saat ini masih membuka penjaringan panwascam sebanyak 39 orang.

"Jadi di Kota Tangerang itu ada 13 kecamatan dan di setiap kecamatannya ada 3 orang panwascam yang ditugaskan, jadi total keseluruhan ada 39 orang," kata Agus, Selasa (27/9/2022).

Agus menuturkan, sebanyak 104 orang akan ditugaskan di kelurahan yang direkrut panwascam. Satu orang pengawas akan ditempatkan di setiap kelurahan.

Sedangkan PTPS, saat ini Bawaslu Kota Tangerang belum bisa menyebutkan detail jumlah yang dibutuhkan dalam Pemilu 2024.

Alasannya, pihaknya masih harus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang terkait dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut dia, Bawaslu Kota Tangerang baru melakukan perekrutan petugas panwascam selama masa pembukaan pada 21-27 September 2022.

Sedangkan pembukaan pendaftaran panwaslu akan dilakukan Maret 2023, pendaftaran petugas PTPS dilakukan 23 hari menjelang pemilihan.

Koordinator Divisi SDMO, Data dan Informasi pada Bawaslu Kabupaten Tangerang, Anis Darari mengatakan, jumlah petugas pengawas Pemilu dari Panwascam yang dibutuhkan Kabupaten Tangerang sebanyak 87 orang.

Setiap kecamatan akan ditempatkan 3 pengawas.

Baca juga: Hindari Peserta Titipan saat Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Kota Cilegon Terapkan Sistem CAT

"Kita butuh ratusan lebih petugas adhoc. Dan sekarang kita sudah mulai menerima pendaftaran," ujar , Selasa (27/9/2022).

Sedangkan untuk PKD dibutuhkan 274 orang yang masing-masing orang ditempatkan di setiap kelurahan/desa.

"Total ada 246 desa, 28 kelurahan. Jadi total 274 orang petugas PKD yang dibutuhkan dan Panwascam kita membutuhkan sebanyak 87 orang," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribuntangerang.com dengan judul Kota dan Kabupaten Tangerang Butuh Ratusan Petugas Pengawas Pemilu 2024

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved