Breaking News:

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu di Kampung Muhara Lebak Kecilkan Ukuran

Perajin tahu di Kampung Muhara, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengurangi produksi tahu.

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
nurandi
Tempat pembuatan tahu di Kampung Muhara, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak , Rabu (28/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK- Perajin tahu di Kampung Muhara, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengurangi produksi tahu.

Upaya itu dilakukan, karena perajin tahu di Kampung Muhara terdampak kenaikan harga kedelai.

Langkah mengurangi produksi tahu itu dilakukan agar produksi tahu tetap berjalan.

Madsoleh, perajin tahu, mengeluh kenaikan harga kedelai membuat produksi menurun drastis.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Banten 28 September 2022: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Lebak dan Pandeglang

"Kalau saya membeli kedelai itu per 50 kilogram, jadi sekarang harganya Rp 645.000 per 50 kilogram yang semula Rp 620.000 per 50 kilogram, jadi harga ini naik drastis," ujarnya saat berada di rumahnya, Rabu (28/9/2022).

Hingga akhirnya salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan kualitas tahu dengan cara mengurangi ukuran dan pengeluaran kedelai.

"Salah satunya saya memperkecil ukuran tahu, supaya biaya pengeluaran kedelai tidak terlalu banyak ya. Karena saat ini harga kedelai sedang naik," ujarnya.

Setiap hari di tempat miliknya, Madsoleh biasa menghabiskan 80 kilogram kedelai per hari. Sekarang tempat produksi hanya mampu menghabiskan 50 kilogram kedelai.

Harga kedelai saat ini mempengaruhinya pendapatan dari Madsoleh, yang biasa bisa mendapatkan Rp 300.000 per hari semenjak kedelai naik hanya mampu mendapatkan keuntungan 175.000 per hari.

Baca juga: Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, PPSW Pasundan Digdaya Gandeng Pokja Wartawan Lebak

Madsoleh menyampaikan penurunannya sangat dratis, karena itu tadi imbas BBM naik sehingga menyebabkan kenaikan harga kedelai yang cukup memberatkan kami para pengrajin tahu

"Sehingga saat ini pendapatan kami menurun drastis, kenapa? Harga kedelai naik, tetapi harga tahu terhadap konsumen tidak dinaikkan," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved