Breaking News:

Kepala BI Banten: BLT BBM Bantu Kendalikan Kenaikan Harga 

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Banten Imaduddin Sahabat mengatakan, Subsidi BLT BBM dapat kendalikan inflasi.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Ahmad Haris
ahmad tajudin
Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Banten, Imaduddin Sahabat mengatakan, Subsidi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat kendalikan inflasi. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Banten Imaduddin Sahabat mengatakan, subsidi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat mengendalikan inflasi.

BLT BBM dapat menekan tingginya harga kebutuhan sehari-hari, agar tidak naik terlalu tinggi.

Immadudin mengatakan, BLT kenaikan BBM ini memanfaatkan dana tak terduga.

"Jadi BLT ini harus tepat sasaran, terutama, diberikan kepada komoditas transportasi dan juga UMKM yang turut terdampak," katanua saat kegiatan Capacity Building di Yogyakarta, Sabtu (1/10/2022).

Imaduddin mengilustrasikan, kenaikan harga itu seperti bola salju. Kalau tidak dikendalikan dari awal, maka akan semakin membesar.

Maka dari itu, pihaknya mendorong dana BLT BBM ini agar dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasara.

"Kementrian keuangan dan Bank Indonesia saling bersinergi dalam menekan laju inflasi. inflasi kita relatif terkendali,” katanya.

Provinsi Banten, lanjut Imaduddin, menyediakan sekitar Rp4 5 miliar untuk BLT yang dananya diambil dari APBD Banten. BLT itu diberikan kepada 75.613 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Kami adanya BLT itu merupakan ide yang baik. Di Tangerang BLT diberikan kepada sopir bus milik BUMD. Kami rasa itu sangat tepat sasaran,” ujarnya.

Saat itu, ada sebanyak 10 provinsi yang berhasil mengendalikan inflasi.

Kesepuluh 10 provinsi itu mendapatkan dana insentif daerah (DID) sebesar Rp 10 miliar lebih, di antaranya Provinsi Banten.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved