Breaking News:

Realisasi Anggaran Triwulan III Capai 53 Persen, Tiga OPD Disorot Wali Kota Serang

Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Serang menjadi sorotan Wali Kota Serang dalam realisasi anggaran triwulan III tahun 2022.

Penulis: mildaniati | Editor: Abdul Rosid
Milda/TribunBanten.com
Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Serang menjadi sorotan Wali Kota Serang dalam realisasi anggaran triwulan III tahun 2022. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Serang menjadi sorotan Wali Kota Serang dalam realisasi anggaran triwulan III tahun 2022.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan, berdasarkan laporan realisasi belanja daerah (LRBD) berdasarkan laporan organisasi perangkat daerah (OPD) setelah direkap secara keseluruhan tercatat mencapai 53,62 persen.

Dijelaskan Syafrudin, capaian tersebut sudah terbilang bagus, apalagi jika sampai bulan Oktober mencapai 60 persen.

Baca juga: Angka Lulusan SMA Hanya 60 Persen, Pemkot Serang Genjot Program Wajib Belajar 12 Tahun

"Realisasi angaran ini sudah termasuk bagus, ini sudah diatas 50 persen sampai Agustus, kalau sampai Oktober ini sudah 60 persen jadi sudah saya anggap bagus," terangnya.

Orang nomor satu di Kota Serang itu mengungkapkan, ada beberapa OPD yang realisasinya belanja daerah mencapai angka dibawah 40 persen.

Di antaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Diskominfo, serta DP3AKB.

Wali Kota Serang Syafrudin menyoroti tiga OPD di lingkungan Pemkot Serang lantaran realisasi anggaran Triwulan III dibawah 50 persen.
Wali Kota Serang Syafrudin menyoroti tiga OPD di lingkungan Pemkot Serang lantaran realisasi anggaran Triwulan III dibawah 50 persen. (TribunBanten.com/Mildaniati)

Sementara realisasi yang tertinggi terdapat di Kesbangpol, Sekretariat Daerah Kota Serang dan Kecamatan Walantaka mencapai diatas 60 Persen atau hampir mendekati 70 Persen.

"Yang tertinggi saya apresiasi mudah-mudahan terus ditingkatkan hingga 90 persen, paling tidak yang saya inginkan bisa diatas 95 persen," ungkap Syafrudin.

Baca juga: Pemkot Serang & Pemkab Serang Kerja Sama dengan Dirjen Pajak, Optimalkan Penerimaan Pajak

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yudi Suryadi menjelaskan, terkait beberapa OPD yang realisasinya berada dibawah angka 40 persen dikarenakan beberapa OPD berkaitan dengan pembangunan fisik sehingga realisasi belum dapat tercapai.

"Karena memang rata-rata OPD yang ada fisik itu pasti agak terhambat karena kita akan bayar manakala fisiknya sudah selesai," ucapnya.

Sedangkan beberapa OPD yang tidak berkaitan dengan pembangunan fisik, sudah dapat dipastikan realisasinya cepat selesai.

"Kalau yang besar-besar seperti halnya Kesbangpol bukan fisik yang berkaitan dengan sosialisasi dan kegiatan pembinaan atau honor itu bisa cepat selesai," jelasnya.

Selain beberapa hal yang disampaikan terkait realisasi anggaran, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk berkoordinasi dengan setiap Kepala OPD terkait beberapa kendala dan langkah yang akan diambil sehingga pada Triwulan IV nanti, seluruhnya dapat segera direalisasikan.

Rapat Evaluasi ini sempat tertunda beberapa bulan hingga baru dilaksanakan pada bulan ini.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved