Breaking News:

Tol Pondok Aren-Serpong Banjir, Pengelola Sebut Penyebab: Penyempitan Sungai & Berubah Fungsi Lahan

Ruas jalan Tol Pondok Aren-Serpong atau Tol BSD, Tangerang Selatan, Banten tergenang air pada Selasa (4/10/2022) sore.

Editor: Glery Lazuardi
Istimewa via Warta Kota
KM 8 Tol Serpong - Pondok Aren yang tergenang banjir hingga hampir 1 meter membuat kemacetan tidak dapat terhindarkan yang membuat polisi turun tangan. Ruas jalan Tol Pondok Aren-Serpong atau Tol BSD, Tangerang Selatan, Banten tergenang air pada Selasa (4/10/2022) sore. Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto mengatakan, Jalan Tol Pondok Aren - Serpong bukan menjadi penyebab banjir di sekitar kawasan tersebut. 

TRIBUNBANTEN.COM - Ruas jalan Tol Pondok Aren-Serpong atau Tol BSD, Tangerang Selatan, Banten tergenang air pada Selasa (4/10/2022) sore.

Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto mengatakan, Jalan Tol Pondok Aren - Serpong bukan menjadi penyebab banjir di sekitar kawasan tersebut.

Menurut dia, banjir terjadi akibat penyempitan air di Sungai Cibenda dan berubahnya fungsi lahan di sekitar jalan tol menjadi pemukiman warga.

Baca juga: UPDATE Banjir di Tangerang Selatan, Berikut Kondisi Terkini dari 9 Titik Lokasi Genangan Air

"Intinya bahwa kita sampaikan tol ini bukan penyebab banjir tetapi tadi sudah disampaikan (Kementerian PUPR) terjadinya penyempitan sungai dan berubahnya fungsi lahan yang tadinya resapan air menjadi pemukiman sehingga mengurangi resapan air," kata Purwoto dalam konferensi pers di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Menurut Kementerian PUPR Menurut Purwoto, penanganan banjir di Jalan Tol BSD kilometer 8 dilakukan dengan menggunakan empat unit pompa untuk mengurangi genangan air.

"Sebetulnya pompa tidak berefek besar karena di kawasan itu sudah banjir, kita pompa juga kemana, tetapi setidaknya pompa itu berfungsi seandainya curah hujan di sana sudah surut pompa baru berfungsi mempercepat genangan surut," ujarnya.

Baca juga: Potret Tol BSD-Serpong Lumpuh Akibat Banjir 1 Meter, Polisi Lakukan Hal Ini untuk Urai Kemacetan

Rekayasa lalu lintas bila banjir Purwoto mengatakan, selaku pengelola Jalan Tol BSD, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi banjir yang merendam ruas jalan tol khususnya di kilometer 8.

Ia menjelaskan, jika ruas jalan di kilometer 8 kembali tergenang banjir, kendaraan dari arah Jakarta menuju Serpong akan diminta untuk melewati Gerbang Tol Parigi.

"Jadi untuk kendaraan yang dari Jakarta menuju ke Serpong itu nanti di Gerbang Pondok Ranji itu kita belokkan ke arah Gerbang Parigi, nanti masuk di Tol MTN masuk lagi ke Tol BSD itu di kilometer 9," tuturnya.

Selanjutnya, kendaraan dari arah Serpong menuju ke Jakarta dapat dialihkan ke Jalan Tol Serpong - Kuciran.

"Selanjutnya masuk ke Jakarta, itu yang kita lakukan sehingga bisa mengurangi penumpukan kendaraan di antrean," ucap Purwoto.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang melanda wilayah Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) menyebabkan banjir merendamnya di beberapa titik, termasuk Tol BSD, Serpong, Tangsel, Banten.

Akibatnya, jalan bebas hambatan tersebut ditutup sejak pukul 18.00 WIB.

Kanit Turjawali Polres Tangsel Iptu Rokhmatullah mengatakan, ketinggian air di Tol BSD Km 8 mencapai 90 sentimeter.

Sebelum tol ditutup, arus lalu lintas sempat tersendat. Sejumlah mobil terjebak banjir di Tol BSD Km 8.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengelola Tol BSD: Jalan Tol Ini Bukan Penyebab Banjir"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved