Breaking News:

Kemenkumham Banten

179 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Bali Diresmikan, Bakal Dievaluasi Setiap Tahun

Diharapkan bisa tetap mempertahankan prestasinya dalam bersikap dan berperilaku taat hukum dalam kehidupan sehari-hari

dokumentasi Humas Kemenkumham
Menkumham Yasonna H Laoly meresmikan 179 Desa/Kelurahan Sadar Hukum Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Jumat (7/10/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Menkumham Yasonna H Laoly meresmikan 179 Desa/Kelurahan Sadar Hukum Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Jumat (7/10/2022).

Menurut Yasonna, angka itu jumlahnya cukup besar.

Hal ini membuktikan wujud sinergi antara Kanwil Kemenkumham dengan pemprov dan pemda di Bali.

Yasonna mengapresiasi dan menilai peresmian desa sadar hukum ini sebagai hasil kerja nyata Pemprov Bali melalui kontribusi yang tinggi dari segi pelaksanaan pembinaan kelompok sadar hukum.

Baca juga: Datangi Perkampungan Baduy di Lebak, Kemenkumham Banten Berikan Bantuan dan Penyuluhan Hukum

Tidak mudah untuk mencapai predikat Desa/Kelurahan Sadar Hukum karena harus memenuhi kriteria dan indikator penilaian indeks desa.

"Diharapkan bisa tetap mempertahankan prestasinya dalam bersikap dan berperilaku taat hukum dalam kehidupan sehari-hari," kata Yasonna.

Nantinya, Kemenkumham akan melakukan evaluasi setiap tahun.

Adapun bagi desa dan keluaran yang masih dalam proses predikat, Yasonna mendorong untuk terus memperbanyak kelompok keluarga sadar hukum di wilayahnya.

Yasonna berharap hal ini bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru.

"Artinya menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia," ucapnya.

Baca juga: Kemenkumham Banten Siap Mendukung Kerja Sama Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis TI

Penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum merupakan satu di antara upaya bersama untuk menguatkan keberadaan negara Indonesia sebagai negara hukum.

Hal ini akan terlihat dari tingkat kepatuhan masyarakat terhadap hukum yang merupakan kunci bagi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman, tertib, dan damai.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved