Breaking News:

KPU Kota Serang Gelar Verifikasi Faktual 2.387 Anggota Parpol, Ini Hasilnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melakukan verifikasi faktual pada 2.387 anggota partai politik, Minggu (16/10/2022).

Penulis: mildaniati | Editor: Ahmad Haris
Dok. KPU Kota Serang
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang lakukan verifikasi faktual pada 2.387 anggota partai politik, Minggu (16/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

 

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melakukan verifikasi faktual (Verfak), pada 2.387 anggota partai politik, Minggu (16/10/2022).

Sebelumnya, KPU Kota Seramg telah melaksanakan verifikasi administrasi, dan selanjutnya dilaksanakan Verfak untuk kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024

Ada 9 parpol yang diverfak berdasarkan keputusan KPU RI.

Kesembilan parpol itu adalah Partai Perindo, Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Buruh, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Dari 9 parpol, ada 2.387 data anggota Parpol yang menjadi sampel untuk dilakukan Verfak.

Jumlah itu diterima KPU Kota Serang melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), hasil penghitungan dengan metode Krecjie & Morgan yang dilakukan oleh KPU RI.

Langkah yang dilakukan dengan mendatangi kediaman anggota parpol, kemudian petugas KPU yang melakukan verifikasi untuk membuktiian kebenaran dan keabsahan dokumen berupa KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA). 

“Caranya dengan mendatangi kediaman anggota parpol itu. Kemudian petugas verifikator KPU membuktikan kebenaran dan keabsahan dokumen KTP elektronik dan KTA anggota partai," kata Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri pada TribunBanten.com melalui pesan instan, Minggu (16/10/2022). 

Fierly melanjutkan, jika anggota parpol tidak dapat ditemui, maka parpol bertugas mengumpulkan dan menghadirkan anggota di kantor parpol untuk dilakukan verfak. 

Jika setelah dikumpulkan yang bersangkutan juga tidak dapat dihadirkan, maka dapat dilakukan komunikasi.

Verfak itu dilakukan untuk membuktikan tiga hal.

Pertama, kebenaran dan keabsahan pengurus dalam hal ini ketua, sekretaris, dan bendahara.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved