Breaking News:

Safari Politik di Medan, Anies Baswedan Disambut Massa dan Dijamu Kesultanan Deli di Istana Maimun

Bakal Calon presiden (capres) Partai NasDem Anies Baswedan melihat dari dekat ikon Kota Medan, yakni Istana Maimun.

Editor: Ahmad Haris
(TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA)
Bakal calon presiden yang diusung Partai Nasdem, Anies Baswedan melambaikan tangan kepada relawan. Dia disambut oleh ribuan relawan setibanya di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Jumat (4/11/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Anies Baswedan melihat dari dekat ikon Kota Medan, yakni Istana Maimun.

Bakal Calon presiden (capres) Partai NasDem itu berkesempatan mengunjungi Istana Maimun, usai gelaran Silaturahmi Akbar Kebangsaan pada Jumat (4/11/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies itu merasa amat terkesan dengan sambutan dari masyarakat Medan, masyarakat Sumatera Utara, Aceh, Sumbar, Riau yang berdatangan untuk bersilaturahmi bersama.

Baca juga: Pengamat Soroti Dukungan Jokowi untuk Prabowo: Isyarat Tak Ingin Anies Menang di Pilpres 2024

Bahkan, secara khusus memberikan apresiasi kepada Kesultana Deli, yang telah menunjukkan kehangatan dengan mengundang Anies masuk ke Istana Maimun.

“Saya terima kasih atas kehangatan masyarakat medan, Sumatera Utara dan juga keluarga kesultanan Maimun/Deli yang pada hari ini memberikan kesempatan, sebuah kehormatan dijamu di tempat yang bersejarah ini,” ungkap Anies dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (6/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan kontribusi besar Kesultanan Deli dalam berdirinya Republik Indonesia.

Di mana pada waktu itu mereka yang notabennya Kerajaan yang berumur panjang memilih bergabung dengan Republik yang usianya tergolong muda.

“Dan kita menyadari persis peran kesultanan maimun/Deli di dalam memperkokoh republik Indonesia."

"Ketika Republik Indonesia diproklamasikan, sultan saat itu ambil keputusan untuk jadi bagian republik muda walaupun hitungan tahun kesultanan sudah amat panjang, tapi memutuskan bagian dari Indonesia dan ini kontribusi yang amat besar,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Willy Aditya mengungkapkan alasan calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan gelar safari politik di Istana Maimun Medan, Sumatera Utara.

Adapun alasan dibalik keberangkatannya menuju Medan, lantaran permintaan relawan dan sejumlah kelompok masyarakat.

"(Alasan) karena permintaan kawan-kawan relawan, kelompok masyarakat kepada DPW Partai NasDem Sumut," kata Willy saat dihubungi, Kamis (3/11/2022).

Berlangsung di beberapa titik, Willy memastikan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bakal berada di Medan selama dua hari.

Baca juga: NasDem Sebut Nama Ahmad Heryawan Dipertimbangkan Dampingi Anies Baswedan Jadi Cawapres

Dal kesempatan tersebut, Anies bakal bertemu dengan ratusan relawan pendukungnya yang akan menjadi motor politiknya pada Pilpres 2024 mendatang.

"(Agendanya) Istana Maimun penyerahan gelar adar, konsolidasi relawan se-Sumut, pertemuan dengan tokoh agama dan kelompok masyarakat serta aktivis mahasiswa. 200 ribuan terdiri dari banyak kelompok."

"Ini inisiatif dari teman-teman lokal se-Sumut yang sejauh ini bersimpati dan solider pada pencalonan Pak Anies," bebernya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Girangnya Anies Baswedan Dijamu Kesultanan Deli Saat Safari Politik hingga Bicara Sejarah

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved