Breaking News:

KPU Kota Cilegon Ubah Urutan dan Alokasi Kursi Dapil di Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon merombak alokasi kursi dan urutan daerah pemilihan (dapil) DPRD Kota Cilegon di Pemilu 2024.

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Abdul Rosid
Sopian Sauri/TribunBanten.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon merombak alokasi kursi dan urutan daerah pemilihan (dapil) DPRD Kota Cilegon di Pemilu 2024. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon merombak alokasi kursi dan urutan daerah pemilihan ( dapil) DPRD Kota Cilegon di Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli mengatakan untuk dapil dan kursi DPRD di Kota Cilegon tetap sama, yang mengalami perubahan hanya urutan dapil.

"Penataan dapil ini untuk Kota Cilegon tidak ada yang berubah, tetap di 40 Kursi dan di 4 dapil, perubahannya hanya penentuan urutan dapil atau daerah pemilihan," kata Eli, saat ditemui TribunBanten.com di kantornya, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Asyik, KPU RI Hapus Persyaratan Batas Masa Jabatan PPK dan PPS Pemilu 2024

Eli Jumeli menjelaskan dalam PKPU nomor 6 tahun 2020 ini telah diatur untuk penentuan nomor urut dapil harus dimulai dari kecamatan yang ditetapkan menjadi ibu kota.

"Seperti, Dapil I sebelumnya Cilegon-Cibeber saat ini berubah menjadi Purwakarta-Jombang, Dapil II sebelumnya Ciwandan-Citangkil berubah menjadi Cibeber-Cilegon, Dapil III sebelumnya Grogol-Pulomerak menjadi Ciwandan-Citangkil dan Dapil IV sebelumnya Purwakarta-Jombang menjadi Pulomerak Grogol," jelasnya.

Selain itu, Eli menambahkan, selain perubahan nomor urut dapil, juga ada perubahan jumalah alokasi kursi di dua Dapil yakni, Dapil II Cilegon-Cibeber dan Dapil IV Pulomerak-Grogol. Untuk dapil yang lainnya tetap sama dengan tahun sebelumnya.

"Dapil II Cilegon-Cibeber sebelumnya 9 kursi menjadi 10 kursi, Dapil IV Pulomerak-Grogol sebelumnya 9 kursi menjadi 8 kursi," ungkapnya.

 

 

"Kenapa mengalami perubahan di alokasi jumlah kursi di beberapa dapil ini? Karena di pembagian jumlah pendudul mereka tidak mendapahkan penambahan alokasi kursi. Dan untuk menentukan alokasi kursi itu, terlihat dari total jumlah penduduk yang ada di setiap dapil tersebut," tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya perubahan tersebut, KPU Kota Cilegon akan melakukan pengumuman di Web Site KPU Cilegon pada 29 November dan di 7 Desember 2022.

Di mana akan dilakukan uji publik dengan menggunakan partai politik (parpol) dan stakholder terkait penataan dapil dan jumlah alokasi kursi.

"Di 7 Desember inilah kita bakal mengetahui respon dari masyarakt seperti apa dengan adanya perubahan tersebut," pungkasnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved