Breaking News:

Bawaslu Kota Cilegon Sosialisasikan Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022, Ini Tujuannya

Bawaslu Kota Cilegon, menggelar sosialisai Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Abdul Rosid
Sopian Sauri/TribunBanten.com
Bawaslu Kota Cilegon, menggelar sosialisai Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon, menggelar sosialisai Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum, di salah satu hotel di Kota Cilegon, Kamis (1/12/2022).

Koordinator Sekretariat Bawaslu Cilegon, Muklis mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan sekertariat terhadap penyelenggaraan pekerja komisoner di tingkat kecamatan.

Baca juga: Hindari Peserta Titipan saat Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Kota Cilegon Terapkan Sistem CAT

"Jadi sekertariat memberikan dukungan teknis dukungan administratif maka dibuatlah pola hubungan supaya sinergi antara apa yang menjadi kebijakan dari Panwas atau Bawaslu," kata Muklis kepada awak media, Kamis.

Ia mengatakan, Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022 merupakan peraturan Bawaslu baru.

Tujuannya dalam rangka menciptakan harmonisasi antara sekertraiat dan komisoner.

Tak hanya itu, tujuan lainnya adalah agar akuntabilitas penyelengara anggaran juga menjadi terkontrol yang merupakan bagian dari tugas pokok.

Baca juga: Dinilai Langgar Kode Etik dalam Pemilihan Anggota Panwascam, Mahasiswa Demo di Kantor Bawaslu Banten

"Dari sekertariat mempunya kewajiban untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban di internalnya, supaya pelaksanaan kegiatan anggaran program itu sejalan secara efektif sesuai pedomannya dan berjalan secara harmoni tentunya," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, banyak persoalan diberbagai daerah hubungan antara sekertariat dan komisoner tidak harmonis.

"Terutama dengan keterbukaan anggaran soal kerja-kerja devisi yang tidak disupport oleh tenaga pendukungnya dan staf-stafnya," katanya.

Karena itu, Ia berharap hal itu tidak terjadi kembali, agar seluruh penyelenggara pengawasan fokus terhadap pengawasan.

Baca juga: Tak Dilibatkan Dalam Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Kabupaten Serang Dikritik Kadis DPMD

"Jadi semua focus, intinya seluruh penyelenggara pengawasan itu berfokus pada pengawasan, tidak hanya berbasis devisi," ucapnya.

Oleh karena itu, kata Muklis, dengan diadakanya kegiatan sosialisasi Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022 ini dapat memberikan hubungan antara Komisoner dan Sekertariat menjadi baik.

"Sesuai dengan pentunjuk dari pola hubungan Perbawaslu Nomer 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum," pungkasnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved