Breaking News:

UMK di Banten 2023

Disnakertrans Banten Segera Bahas Rekomendasi Bupati/Wali Kota soal UMK 2023 dengan Dewan Pengupahan

Setelah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP), Pemerintah Provinsi Banten akan segera menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tahun 2023.

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Ahmad Haris
Ahmad Tajudin/TribunBanten.com
Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Septo Kalnadi. Ia mengatakan, setelah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP), Pemerintah Provinsi Banten akan segera menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tahun 2023. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Setelah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP), Pemerintah Provinsi Banten akan segera menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tahun 2023.

Penetapan UMK itu rencananya akan dilakukan pada tanggal 7 Desember 2022 mendatang.

Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Septo Kalnadi menuturkan, Disnakertrans kabupaten kota di Banten sudah membahas soal UMK dengan dewan pengupahan kabupaten kota masing-masing.

Baca juga: Disnaker Usulkan UMK Lebak 2023 Naik Rp 171 Ribu, Berikut Alasannya

"Mulai malam tadi, sampai hari ini berkasnya sudah kita telaah dan kita pilah-pilah," ujarnya saat di Gedung DPRD Provinsi Banten, Kamis (1/12/2022).

"Misalnya komponen-komponen pertumbuhan ekonomi kabupaten/kotanya kita pilah, laju inflasi, komponen alpha nya kita pilah."

"Dari situ kita akan melakukan rapat sidang dewan pengupahan Provinsi, untuk membahas rekomendasi bupati dan wali kota," sambungnya.

Rencananya, Diskertrans Banten akan segera melakukan rapat bersama dewan pengupahan Provinsi Banten, dalam waktu dekat ini.

Sehingga nantinya, setelah sidang dengan dewan pengupahan provinsi, semua usulan dari kabupaten kota itu akan ditelaah dan dibahas bersama dalam sidang tersebut.

"Untuk merumuskan menjadi satu keputusan gubernur tentang penetapan UMK 2023, di delapan kabupaten kota yang batas waktunya 7 Desember 2022," ungkapnya.

Septo menuturkan, untuk besaran UMK di kabupaten kota, akan mengalami kenaikan dengan angka yang berbeda-beda.

Kenaikan itu bergantung pada tingkat laju pertumbuhan ekonomi, dan nilai inflasi di masing-masing kabupaten kota.

Meski semua kabupaten kota sudah mengusulkan angka, namun dirinya tidak bisa menyebut berapa angka rekomendasi dari delapan kabupaten kota di Banten.

Sebab menurut Septo, angka yang diajukkan oleh kabupaten kota baru bersifat rekomendasi dan belum ditetapkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved