Breaking News:

Sosok Ridi Djajakusuma, dari Hobi Basket, Jadi Reporter NBA di Amerika, hingga Sukses Pimpin PT KSP

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti (KSP) Ridi Djajakusuma ternyata pernah jadi reporter NBA Amerika Serikat.

Penulis: Ahmad Haris | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Ahmad Haris/Dok. Ridi Djajakusuma
Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Ridi Djajakusuma. 

TRIBU NBANTEN.COM - Lahir dan besar di Amerika Serikat, namun akhirnya memilih pulang berkarya dan berkontribusi bagi tanah airnya sendiri, adalah jalan hidup yang dipilih oleh Ridi Djajakusuma.

Ya, Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Sarana Properti (KSP) itu lahir di Kota New York pada 19 Februari 1974, dan menghabiskan sebagian waktu produktifnya di Ibu Kota Amerika Serikat, Washington DC.

Ridi, sapaan akrabnya, sudah gila basket sejak kecil.

Baca juga: Gaharnya Sosok Calon Pengganti KSAL Yudo Margono Ini, Mantan Komandan paspampres & Komandan Denjaka

Baca juga: Profil Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, Kepala Bakamla RI yang Disebut Berpotensi Jadi KSAL

Bahkan, namanya diambil dari pemain basket New York Knicks, Willis Reed.

"Memang saya suka basket lah. Akhirnya saya punya mimpi, bisa kerja, berkecimpung di dunia basket," kata Ridi kepada TribunBanten.com, Jumat (2/12/2022).

Ia dulu pernah mengidolakan pemain basket Panasia Bandung, Thomas Teddy.

Alasannya, karena Thomas Teddy bukan hanya bagus permainannya, tapi juga bisa jadi reporter di NBA di Amerika Serikat, ketemu dengan banyak pemain NBA.

"Saya pingen menjadi seperti dia. Nah, kejadian lah, saya pergi ke Amerika, menjadi reporter NBA selama 9 musim," ucap pria yang hobi olahraga basket, tenis, golf, dan sepakbola ini.

Perjalanannya bisa menjadi direktur utama anak perusahaan BUMN PT Krakatau Steel, bisa dibilang berawal dari basket.

Ia memiliki sepupu bernama Arki Dikania Wisnu (pemain basket nasiona saat ini). Ridi melatih Arki Wisnu cara bermain basket sejak usia Arki Wisnu 12 tahun.

Ridi melihat Arki Wisnu punya talenta, dan memproyeksikannya suatu saat untuk menjadi pemain nasional.

"Akhirnya usia 16, 17 tahun dia lebih berkembang lagi nih, lalu saya kontak temen-temen di Satria Muda Jakarta, pak Erick Thohir waktu itu," kata pria berdarah Sunda itu.

"Saya bilang, saya ada pemain bagus nih, sepupu saya. Akhirnya sampai mas Erick Thohir terbanglah ke Amerika ketemu kita. Jadilah sepupu saya jadi pemain basket klub Satria Muda," kata bapak dari empat anak tersebut.

Pada saat yang bersamaan, katanya, Grup Mahaka bekerjasama dengan Air Asia bikin liga basket Asean atau ASEAN Basketball League - ABL.

Ridi Djajakusuma berfoto bersama legenda basket NBA, Kobe Bryant pada tahun 2010, saat masih menjadi reporter NBA di Amerika Serikat.
Ridi Djajakusuma berfoto bersama legenda basket NBA, Kobe Bryant pada tahun 2010, saat masih menjadi reporter NBA di Amerika Serikat. (Dok. Ridi Djajakusuma)
Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved