Breaking News:

Tingkatkan Pemahaman Wartawan Terhadap Data Indikator Statistik, BPS Banten Gelar Capacity Building

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten menggelar kegiatan Capacity Building indikator statistik untuk wartawan pada Kamis (8/12/2022).

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Abdul Rosid
Ahmad Tajudin/TribunBanten.com
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten menggelar kegiatan Capacity Building indikator statistik untuk wartawan pada Kamis (8/12/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten menggelar kegiatan Capacity Building indikator statistik untuk wartawan pada Kamis (8/12/2022).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan pemahaman wartawan terhadap data dan indikator strategis yang dihasilkan oleh BPS Provinsi Banten.

Acara yang berlangsung di Le Semar Hotel & Cottage, Kota Serang itu dibuka langsung oleh Kepala BPS Provinsi Banten Dody Herlando.

Dalam sambutannya, Dody mengatakan bahwa wartawan sebagai pilar demokrasi sangatlah penting.

Baca juga: Banten Provinsi Paling Tak Bahagia se-Indonesia, Al Muktabar Minta BPS Buka Data: Siapa Orangnya?

"Capacity building ini diharapkan bisa semakin mendorong profesionalisme. Supaya produktif memberi pencerahan kepada bangsa,” ujarnya kepada para peserta yang hadir, Kamis (8/12/2022).

Dody berharap kehadiran wartawan bisa memberikan dampak positif dan pencerahan informasi melalui tugas jurnalisnya.

Sehingga diharapkan bisa memberikan dampak yang besar untuk kemajuan Banten.

"Jangan sampai membuat masyarakat menjadi korban, jadi harus lebih memberi dampak yang besar untuk kemajuan Banten,” ucapnya.

Sementara itu, Kabag Umum BPS Provinsi Banten, Ridwan Hidayat selaku ketua pelaksana acara menyampaikan kegiatan ini digelar bertujuan untuk memberikan wawasan kepada wartawan.

"Tujuannya untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam terkait indikator statistik yang dihasilkan BPS serta meningkatkan pemahaman transformasi media di era teknologi digital," terangnya.

Apalagi saat ini BPS sedang menjalankan pendataan Regsosek yang sudah dalam tahapan pengolahan.

Kemudian kegiatan BPS yang paling besar yaitu akan dilakukannya sensus pertanian.

"Sehingga kita berharap kegiatan ini ada sinergi antara penyampaian informasi kami sebagai penghasil indikator statistik, dan kemudian teman-teman media membantu menyebar luaskan informasi tersebut," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh sejumlah wartawan yang bertugas dilingkungan Provinsi Banten.

Baca juga: Pendataan Awal Resosek Tahun 2022, BPS Banten: Capai 65,8 Persen pada Minggu Ketiga

Selain wartawan kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh Pj Humas BPS Kabupaten/Kota di Banten, Diskominfo dan sejumlah pihak lain yang bertugas dalam mempublikasi sebuah informasi.

Sementara untuk pemateri dalam kegiatan ini, BPS menghadirkan sejumlah pemateri di antaranya Ketua BPS Provinsi Banten, Dody Herlando, General Manager TribunBanten.com Agung Yulianto Wibowo, Tim Produksi dan Tim Sosial BPS Banten, serta perwakilan dari Komisi Informasi Banten.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved