Breaking News:

Dua Anak Badak Cula Satu Lahir Bulan September, Ini Penjelasan Pengelola Taman Nasional Ujung Kulon

Dua badak Jawa jantan dan betina di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) telah lahir pada bulan September 2022.

Penulis: mildaniati | Editor: Ahmad Haris
Dok. Instagram @mahartitrii
Ilustrasi badak cula satu. Dua badak Jawa jantan dan betina di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) telah lahir pada bulan September 2022.  

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, SERANG - Dua badak Jawa jantan dan betina di Taman Nasional Ujung Kulon ( TNUK) telah lahir pada bulan September 2022. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya telah memberi nama dua bayi badak tersebut, pada Sabtu kemarin.

Untuk bayi badak jantan, diberinama Lord Jac sedangkan betina diberi nama Eden. 

 

 

Berdasarkan data informasi yang diterima TribunBanten.com dari pengelola TNUK, anak badak jawa kedua terekam pada 2 September 2022 pukul 14.59 WIB di blok Cinogar, dengan jenis kelamin betina.

Ini merupakan anak dari induk yang bernama Menur, sedangkan Menur merupakan anak kedua dari indukan Siti. 

Anak Badak Jawa ketiga terekam pertama kali tanggal 18 September 2022 pukul 08.29 WIB, di blok yang sama berjenis kelamin jantan dari induk yang bernama Ratu.

Sebelumnya, Ratu terdata pernah melahirkan anak badak bernama Satria.

Satria berjenis kelamin jantan dan terekam pertama kali pada tanggal 8 Juli 2015 pukul 13.16 WIB di blok Muara Cikeusik.

"Bulan September kan baru dirilis sama bu menteri, betul itu hasil video trap bulan September ada 2 ekor jantan dan betina, tahun ini ada 3 anak badak yang lahir, yang satu udah dirilis oleh menteri pas 17 Agustus, untuk yang kedua ini terekamnya tanggal 2 September di blok Cinogar jenis kelamin betina," kata Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Andri Firmansyah melalui pesan WhatsApp, Minggu (18/12/2022). 

"Itu merupakan hasil analisa dari indukan Badak bernama Menur, selanjutnya tanggal 18 September 2022 di blok yang sama ditemukan anak badak jantan dari indukan Ratu," sambungnya. 

Andri Firmansy menjelaskan, ini adalah sebuah prestasi dalam pengelolaan badak di TNUK bahwa dengan pengelolaan yang baik hasilnya seperti ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved