Breaking News:

Permudah Akses Pembuangan Sampah, Kabupaten Serang Kerjasama dengan Kota Serang, Cilegon dan Lebak

Pemerintah Kabupaten Serang bekerjasama dengan Kota Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak mempermudah akses pembuangan sampah

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
WARTA KOTA/Nur Ichsan
Ilustrasi Sampah. Pemerintah Kabupaten Serang bekerjasama dengan Kota Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak mempermudah akses pembuangan sampah 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Mildaniati.

TRIBUNBANTEN, KABUPATEN SERANG-Pemerintah Kabupaten Serang bekerjasama dengan Kota Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak mempermudah akses pembuangan sampah.

Hal itu untuk memudahkan petugas melaksanakan aktivitas pembuangan sampah setiap harinya mengingat wilayah Kabupaten Serang yang luas berbatasan dengan beberapa daerah. 

Baca juga: Bupati Mempawah Kalimantan Barat Belajar Tips Pengelolaan Sampah di Kota Cilegon

Sehingga kerjasama dilakukan untuk memudahkan petugas, ditambah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang memiliki keterbatasan armada pengangkut sampah yang hanya tersedia 17 unit yang harus melayani 20 kecamatan se Kabupaten Serang

"Kita keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki, sebagian dilimpahkan ke kecamatan namun belm teratasi semuanya juga, jumlah kendaraan di dinas ada 17 unit yang melayani 20 kecamatan,"kata Kepala DLH Kabupaten Serang, Prauri di pemkab Serang, Selasa (20/12/2022). 

Pemerintah Kabupaten Serang tidak diperkenankan lagi membuang sampah ke Cilowong yang ada di Kota Serang, sedangkan perjanjian antara keduanya masih berlangsung. 

"Sebetulnya masih punya perjanjian dan belum berakhir, kita selalu bayar," tuturnya. 

Kata Prauri pihaknya melakukan pendekatan dengan pemerintah Kota Cilegon dan mau menampung sampah dari Kabupaten Serang

Biasanya dakam satu hari DLH mengirim sampah dua kali, namun lantaran jaraknya jauh harus ke Kota Cikegon sehingga sktivitas pembuangan sampah cukup tersendat, sehari hanya satu kali petugas membuang sampah lantaran terkendala jarak. 

"Jaraknya jauh, biasanya sehari 2 kali, ini sehari sekali dan belum tentu juga karena di Cilegon nerima diatas jam 5, kalo sampah dari Kopo, Jawilan berangkat jam 2 engga akan kekejar," jelasnya. 

Wilayah Kopo, Jawilan dan sekitarnya lebih dekat membuang sampah ke Kabupaten Lebak. Sedangkan wilayah Puo Ampel, Waringinkurung, Mancak dan sekitarnya lebih dekat ke Kota Cilegon. 

Baca juga: TPST Margatirta di Lebak Jadi Solusi Pembuangan Sampah DKI dan Banten, Berdiri di Lahan 150 Hektar

"Kita akan kerjasama dengan Cilegon, Serang dan Lebak kerjasama untuk membagi dari Kopo, Jawilan lebih deket ke Lebak, untuk Pulo Ampel, Waringinkurung, Mancak lebih deket ke Cilegon," terangnya. 

Dengan wilayah Cilegon masih diizinkan pemerintah Kabupaten Serang membuang sampah ke sana melalui adanya surat keterangan. 

"Ada surat keterangannya. Tiap hari diangkut, jumlah sampah hariannya yang diangkut ke cilegon 300 kubik," ucapnya. 

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved