Breaking News:

Temuan Terbaru Polisi soal Truk Tercebur ke Laut di Pelabuhan Merak, Bukan Cuaca Buruk

Dit Polairud Polda Banten mengungkap hasil temuan soal truk bermuatan semen tercebur ke laut di Dermaga 5 Pelabuhan Merak

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Glery Lazuardi
Tribunlampung.co.id
Truk mengalami patah as roda dan menyangkut di ramp door kapal yang bersamaan dengan gelombang tinggi di perairan Pelabuhan Merak sehingga evakuasi gagal dan truk tercebur ke laut. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Dit Polairud Polda Banten mengungkap hasil temuan soal truk bermuatan semen tercebur ke laut di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, pada Rabu (28/12/2022) malam.

Berdasarkan temuan aparat kepolisian, terungkap penyebab truk itu terjatuh bukan hanya karena faktor cuaca. Tetapi juga karena patahnya as roda.

Baca juga: Pantauan Terkini Pelabuhan Merak H-2 Tahun Baru 2023, Antrean Kendaraan Bermotor di Setiap Dermaga

"Pada saat mobil Truk Fuso akan naik ke atas kapal KMP Labitra Karina, dikarenakan cuaca buruk angin dan ombak tinggi di sekitar dermaga 5 sehingga mengakibatkan kondisi kapal tidak stabil dan akhirnya mobil truk yang masih berada di ramp door jatuh kesebelah kanan dermaga," ujar Dir Polairud Polda Banten Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom, pada Kamis (29/12/2022).

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Karena supir terlebih dahulu menyelamatkan diri dengan keluar dari ruang kemudi.

"Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena sopir truk sudah terlebih dahulu keluar dari ruang kemudi sebelum proses evakuasi berlangsung,” ucap Gultom.

Sementara, Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Andi Suherman mengungkapkan bahwa peristiwa jatunya truck ke laut disebabkan patahnya as roda pada kendaraan tersebut dan menyangkut di  rampdoor kapal.

Ia mengatakan, ini sudah disepakati bersama untuk mencegah kerusakan ramp door.

“Peristiwa truk yang hendak masuk ke kapal mengalami patah as roda dan menyangkut di ramp door kapal. Kami sudah sepakat dengan pihak terkait bahwa kejadian tersebut semata-mata disebabkan karena patah as di posisi ramp door,” terang Andi.

Baca juga: Jadwal Keberangkatan Kapal Ferry Expres Pelabuhan Merak-Bakauheni Per 29 Desember 2022

Kemudian, ia mengatakan, pihak kepolisian melakukan pengecekan dan pendalaman terkait dengan kejadian tersebut.

“Perlu kami sampaikan bahwa pihak-pihak yang berkepentingan sudah melakukan kesepakatan dan sudah di sepakati bersama. Kami dari pihak kepolisian melakukan sebagaimana mestinya untuk meluruskan agar tidak ada kesalapahaman. Ini sudah disepakati bersama dan tidak ada lagi saling klaim mengklaim,” tutup Andi. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved