Breaking News:

Hasil Penilaian Ombudsman Banten, Pelayanan Publik di Kota Sarang Masuk Zona Hijau

Kepala Perwakilan Ombudsman Banten, Fadli Afrian mengatakan, hasil penilaian pihaknya bahwa Kota Serang telah masuk zona hijau pelayanan publik.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
Desi Purnamasari/TribunBanten.com
Kepala Perwakilan Ombudsman Banten, Fadli Afrian mengatakan, hasil penilaian pihaknya bahwa Kota Serang telah masuk zona hijau pelayanan publik. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten kembali datangi pusat Pemerintah Kota Serang, Kamis (5/1/2023).

Kujungan tersebut dilakukan guna menginformasikan hasil penilaian kepatuhan Kota Serang yang telah dilakukan pada bulan Desember 2022 lalu.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten, Fadli Afrian mengatakan, hasil penilaian pihaknya bahwa Kota Serang telah masuk zona hijau untuk pelayanan publik.

Baca juga: Telan Anggaran Rp4,1 Miliar, Tiga Gedung Kelurahan Diresmikan Wali Kota Serang

"Kota Serang, sudah mencapai zona hijau dari enam tahun lalu berada di zona kuning," katanya saat di Pemkot Serang.

Dijelaskan Fadli, ada beberapa penilai yang dilakukan untuk mencapai zona hijau, terutama harus memenuhi komponen standar pelayanan publik.

Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Baca juga: Pemkot Serang Tergetkan Tujuh Pembangunan Kantor Keluraan Permanen di 2023

"Itu salah salah satu dimensinya, dan kemudian kami mengukur tentang kompetensi dari pelaksanaan pelayanan publiknya," katanya.

Mulai dari sesi wawancara, secara internal dari empat unsur jabatan di organisasi perangkat daerah (OPD).

Serta menilai dari persepsi maladministrasi dengan mewawancarai masyarakat yang sedang melakukan pelayanan di satu instansi tersebut dan dari pengelolaan pengaduan masyarakat oleh OPD tersebut.

"Itu beberapa pointnya, tetapi memang masih ada beberap perbaikan harus ditingkatkan serta dipertahankan kedepannya," katanya.

Baca juga: Syafrudin Lantik Empat Pejabat Eselon II di Pemkot Serang, Berikut Daftar Namanya

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Serang, Nanang Saefudin, mengatakan, hasil ini perlu disyukuri dan tidak berbesar hati. Karena kedepannya bisa saja kembali menjadi zona kuning.

"Bisa jadi kedepannya kalau kita tidak melakukan optimalisasi perbaikan-perbaikan, bisa turun lagi menjadi kuning," katanya.

Maka dari itu, pihaknya menyebutkan akan melakukan pemanggilan kepada para OPD untuk terus melakukan perbaikan dari apa yang menjadi kekurangan.

Nanang mengatakan, yang terpenting adalah bagaimana peningkatan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik dan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved