Breaking News:

BREAKING NEWS 1.600 Pegawai PT Nikomas Ditawarkan Pengunduran Diri, Demi Keberlangsungan Perusahaan

1.600 pegawai PT Nikomas Gemilang ditawarkan pengunduran diri. Upaya itu dilakukan demi keberlangsungan perusahaan.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/PT Nikomas Gemilang
Puluhan ribu buruh PT Nikomas Gemilang meninggalkan pabrik tempat bekerja. 1.600 pegawai PT Nikomas Gemilang ditawarkan pengunduran diri. Upaya itu dilakukan demi keberlangsungan perusahaan. Penawaran pengunduran diri ini dibuka kepada seluruh karyawan PT Nikomas Gemilang mulai Selasa 10 Januari 2023 sampai Rabu 11 Januari 2023. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - 1.600 pegawai PT Nikomas Gemilang ditawarkan pengunduran diri. Upaya itu dilakukan demi keberlangsungan perusahaan.

Penawaran pengunduran diri ini dibuka kepada seluruh karyawan PT Nikomas Gemilang mulai Selasa 10 Januari 2023 sampai Rabu 11 Januari 2023.

"Sengaja dilakukan dalam waktu singkat karena biasanya banyak yang akan berminat,” kata Humas PT Nikomas Gemilang Danang Widi Pangestu melalui pesan WhatsApp kepada TribunBanten.com, Selasa (10/1/2023).

Baca juga: Bakal Kabur ke Jeteng, Al Muktabar Sebut PT Nikomas Gemilang Justru Buka Lowongan Baru di Banten

Manajemen PT Nikomas Gemilang akan memenuhi segala hak karyawan dan dibayarkan berdasarkan UU Ketenagakerjaan dan Perjanjian Kerja Bersama.

Perusahan yang memproduksi berbagai brand sepatu itu, mengaku ada berbagai faktor yang hingga membuka penawaran pengunduran diri sukarela kepada karyawan.

"Pada tahun 2022 seharusnya menjadi tahun pemulihan industri sepatu olahraga. Namun konflik Rusia-Ukraina di awal tahun, kenaikan harga bahan bakar secara global," katanya.

Baca juga: GAWAT: Perusahaan Kelas Kakap PT Nikomas Gemilang & PT KMK Global Sport Bakal Kabur dari Banten!

Mulai dari tingkat inflasi yang tinggi, penurunan pesanan dan pengaruh berbagai faktor internasional lainnya menyebabkan pasar sepatu olahraga internasional menurun drastis dan harga bahan baku terus meningkat.

Faktor-faktor tersebut menimbulkan reaksi berantai dan kondisi yang cukup serius melanda industri sepatu olahraga.

"Hal itu terlihat sejak kuartal ketiga tahun lalu, pabrik sepatu mulai merumahkan karyawannya. Itu juga yang dirasakan oleh PT Nikomas Gemilang," katanya.

Danang mengatakan, PT Nikomas Gemilang telah menempuh berbagai cara untuk bertahan di tengah kondisi perekonomian global yang penuh tantangan.

Namun demi keberlangsungan perusahaan, dengan berat hati PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran diri sukarela kepada karyawan dengan kuota 1.600 orang.

Baca juga: PT Nikomas Gemilang akan Pindah dari Serang Banten ke Jateng, Nasib 54 Ribu Pekerja Terancam!

“Berbagai hal telah kami lakukan seperti stop recruitment, tidak ada lembur, pengurangan jam kerja dan program cuti khusus,"katanya.

"Namun tidak dapat kami hindari dan dengan berat hati kami harus melaksanakan program pengunduran diri sukarela," katanya.

Danang memastikan semua hak karyawan yang melaksanakan program pengunduran diri sukarela dibayarkan berdasarkan UU Ketenagakerjaan dan Perjanjian Kerja.

 

 

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved