Breaking News:

Pemkab Serang Siapkan Program Pelatihan untuk Karyawan Korban PHK

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang saat ini tengah mempersiapkan program pelatihan yang diperuntukan untuk karyawan yang terkena PHK.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
Kolase TribunBanten.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang saat ini tengah mempersiapkan program pelatihan yang diperuntukan untuk karyawan yang terkena PHK. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang saat ini tengah mempersiapkan program pelatihan yang diperuntukan untuk karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja ( PHK).

Untuk diketahui, beberapa perushaan besar di Kabupaten Serang tengah melakukan PHK besar-besaran terhadap karyawannya salah satnya, PT Nikomas Gemilang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang Diana Ardhianty Utami, saat ini pihaknya telah tengah merumuskan melakukan rakor persiapan awal untuk merumuskan kegiatan yang akan dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melatih karyawan yang terkena PHK.

Baca juga: Disebut Sepihak, Hasil Penentuan PHK Karyawan PT Nikomas Gemilang Bakal Rabu Ini

Program pelatihan ini bertujuan agar karyawan yang terkena PHK bisa memutar uang pesangonnya untuk digunakan sebagai modal usaha.

"Setelah para karyawan ini di PHK, bagaimana ekonomi mereka harus tetap berjalan," katanya di Disnakertrans Kabupaten Serang, Rabu (18/1/2023).

Saat ini, kata Diana, dari kuota pelatihan karyawan dengan jumlah 1.600 hanya 1.175 orang yang baru mendaftar.

Dari total karyawan yang mendaftar program pelatihan, hanya 898 orang lolos seleksi.

"Mereka nanti yang di PHK dan mendapatkan pesangon," katanya.

Selain itu, pihak juga menyebutkan dari 898 karyawan tersebut bukan berasal dari Kabupaten Serang semua.

Maka pihaknya telah meminta management PT Nikomas Gemilang untuk memberikan data warga Kabupaten Serang yang di PHK.

“Kami butuh data warga Kabupaten Serang yang terkena PHK, karena untuk membuka program pelatihan untuk mereka," katanya.

Baca juga: Usai PT Nikomas Gemilang, Kini Giliran Pabrik Sepatu PT PWI Bakal Pangkas 1.000 Karyawan

Pihaknya juga menyebutkan akan mengupayakan agar uang pesangon yang diterima karyawan tidak habis begitu saja, tetapi diputar lagi di dunia usaha agar mereka bisa terus mendapatkan penghasilan.

Sementara itu beberapa program pelatihan diantaranya yakni pelatihan pertanian, budidaya ikan sistem bioflok, dan bisnis kuliner.

 

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved