Breaking News:

Pemkab Lebak Siapkan Anggaran Rp5,3 Miliar untuk Program RTLH di Tahun 2023

Kepala DPKPP Kabupaten Lebak, Lingga Segara mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp5,3 miliar untuk program RTLH 2023.

Penulis: Nurandi | Editor: Abdul Rosid
Ilustrasi/Freepik
Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Lebak telah menyiapkan anggaran Rp5,3 miliar untuk 266 penerima program RTLH di tahun 2023 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Lebak akan membangun ratusan rumah tidak layak huni atau RTLH di tahun 2023.

Program RTLH yang diadakan Pemkab Lebak diperuntuhkan untuk 266 rumah.

Kepala DPKPP Kabupaten Lebak, Lingga Segara mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp5,3 miliar untuk program RTLH 2023.

Anggaran tersebut belum mencapai kata ideal, hal itu lantaran saat ini pihaknya mengalami keterbatasan dana.

Baca juga: Kabar Gembira! 14 Warga Kurang Mampu di Kelurahan Cikerai Cilegon Dapat Bantuan RTLH

"Untuk penanganan RTLH itu walau dengan keterbatasan anggaran. Tetapi tahun ini ada sekitar 266 unit yang akan diperbaiki," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Kamis (19/1/2023).

Dirinya menyebutkan setiap penerima progam RTLH merupakan upaya dalam menuntaskan rumah masyarakat yang tidak layak di Kabupaten Lebak.

"Jadi penuntasan RTLH ini, harus ada dukungan dari semua pihak, dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pihak swasta," ujarnya.

Diketahui dari data DPKPP Lebak, sampai saat ini jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Lebak, mencapai 45 ribu unit.

Untuk tahun ini, masyarakat yang akan menerima bantuan RTLH, mendapat dana lebih besar dibanding tahun lalu, yakni sebesar Rp 20 juta, yang semula Rp 15 juta.

Adapun klasifikasi rumah yang masuk tidak layak huni, yakni atap rumah yang sering bocor saat hujan, dinding rumah yang terbuat dari bilik bambu atau bangunan bata yang belum diplester, lantai rumah masih tana dan tidak memiliki MCK.

Lingga menyampaikan Pemkab Lebak terus berupaya dalam menuntaskan dan membantu masyarakat melalui RTLH.

"Jadi kita terus berupaya, dalam menuntaskan pembangunan RTLH di Lebak saat ini," katanya.

Baca juga: Keindahan Wisata Pantai Ciantir Sawarna di Lebak Banten: Terkenal Hingga Mancanegara

Dirinya menambahkan untuk masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan RTLH tidak diperkenankan untuk menerima bantuan RTLH lagi 

"Jadi di sini kita harus teliti, untuk yang melakukan survei RTLH. Untuk penerima tahun sebelumnya tidak bisa mendapatkan lagi," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved