Breaking News:

Imlek 2023

Amankan Perayaan Imlek 2574 Kongzili, Polres Metro Tangerang Kota Kerahkan Tim Jibom

Polres Metro Tangerang Kota akan mengerahkan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Metro Jaya dalam rangka mengamankan jalannya Tahun Baru Imlek 2023.

Editor: Ahmad Haris
Istimewa via WartaKotalive.com
Rapat koordinasi internal Polres Metro Tangerang Kota persiapan pengamanan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, Jumat (20/1/2023) dimana akan dikerahkan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Metro Jaya dalam rangka pengamanan.  

TRIBUNBANTEN.COM - Tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Metro Jaya dikerahkan dalam rangka mengamankan jalannya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili di Kota Tangerang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Ia mengatakan, pada beberapa Vihara yang diperkirakan didatangi oleh umat Tionghoa dalam jumlah banyak.

Guna menjaga kondusifitas serta keamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2023, tim penjinak bom (Jibom) akan dikerahkan.

"Untuk mensterilisasi beberapa Vihara yang dianggap rawan gangguan," ujar Zain saat menggelar rapat koordinasi internal persiapan pengamanan, Jumat (20/1/2023).

Dalam rapat yang dilakukan bersama Wakapolres AKBP Bambang Yudhantara Salamun, serta para pejabat utama (PJU) dan Kapolsek jajaran itu Zain mengatakan, pengamanan ibadah Tahun Baru Imlek akan dilakukan sejak Sabtu (21/1/2023) hingga Minggu (22/1/2023).

Pasalnya, umat Tionghoa akan melaksanakan ibadah di berbagai vihara di Kota Tangerang pada malam pergantian tahun baru tersebut.

"Fokus pengamanan bakal dilakukan pada perayaan Imlek tahun ini dan pelaksanaan peribadatan yang dilaksanakan mulai malam pergantian Tahun Baru Imlek," kata dia.

Baca juga: Jelang Imlek, Satbrimob Polda Banten Sterilisasi Sejumlah Vihara di Kota Serang

Rapat itu juga dilakukan untuk mengecek komunikasi ratusan personil gabungan yang bertugas mengamankan jalannya perayaan Imlek.

Zain pun menekankan, agar pengamanan wajib dilaksanakan personil TNI - Polri secara persuasif dan humanis.

"Seluruh personel saya minta untuk selalu waspada terhadap segala potensi gangguan terkecil dan melaksanakan pengamanan secara humanis," tegasnya.

Zain menambahkan, pihaknya telah melakukan assessment kepada setiap pengurus vihara.

Mulai dari waktu ibadah yang terbagi dalam beberapa sesi, jalur khusus keluar-masuk bagi para jemaat, hingga melakukan skema parkir jemaat yang akan datang.

"Kepada pengurus vihara kita minta agar melakukan koordinasi pengamanan, mulai dari skema parkir, alur keluar dan masuk jemaat, hingga pembatasan jumlah Jamaat diatur bergelombang, supaya tidak terjadi penumpukan," terangnya.

Polres Metro Tangerang Kota sendiri akan menerjunkan sebanyak 813 personel pengamanan dalam mengamankan jalannya perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili di Kota Tangerang.

Ratusan personel gabungan tersebut dikerahkan untuk mengamankan jalannya perayaan Imlek, di 33 vihara di wilayah hukum Polrestro Tangerang Kota.

"Untuk memastikan ibadah pergantian tahun baru Imlek berjalan pancar, kami telah menerjunkan 813 personil yang tersebar di 33 Vihara dari 50 Vihara yang berada di Wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota," jelas Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Polres Metro Tangerang Kota akan Kerahkan Tim Jibom Amankan Perayaan Imlek 2574 Kongzili

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved